STRATEGI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN

Siritoitet, Cici Pramita (2023) STRATEGI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Cici Depan.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAK dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-6 tahun. Latar belakang masalah dari penelitian ini disebabkan adanya indikasi bahwa sebagian guru PAK yang tidak sepenuhnya menggunakan strategi dalam mengajar, mendidik anak didik dengan baik. Guru PAK juga kurang menggunakan strategi terhadap meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-6 tahun, sehingga menjadi orang yang kurang pengetahuannya dalam belajar. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan sebagai berikut: pertama, bagaimana gambaran mengenai strategi guru PAK dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-6 tahun. Kedua, bagaimana strategi guru PAK dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-6 tahun. Dan ketiga bagaimana aplikasinya bagi guru PAK masa kini. Berdasarkan hasil penelitian ini guru PAK dituntut untuk melakukan strategi mengajar yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak didik. oleh karena itu, guru PAK terlebih dahulu akan mengenalkan huruf ABC, angka, melatih anak didik untuk menggambar, mengenal warna, memberikan tugas, dan lain sebagainya. Guru PAK juga merupakan sebagai guru yang membina, membimbing, mengarahkan anak didik selama pembelajaran yang dilakukan guru PAK. Dengan begitu, anak didik dapat memahami dan mengerti semua pelajaran yang diberikan oleh guru PAK. Anak usia 4-6 tahun memiliki karakter yang aktif dan unik. Maka dari itu, sudah seharusnya guru PAK harus mengajar dengan efektif atau menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan anak didik selama mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai penelitian studi pustaka (library research) dan didukung beberapa referensi dari buku-buku, jurnal untuk kelengkapan dan penyempurnaan tulisan. Penelitian ini, strategi guru PAK memberikan kesimpulan bahwa strategi guru PAK sangat diperlukan terhadap meningkatkan kemampuan kognitif pada anak dalam dunia pendidikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Dr. Riswan Ramasin
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:23
Last Modified: 09 Nov 2023 02:23
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item