ALKITAB SUMBER UTAMA PENDIDIKAN KRISTEN BERDASARKAN 2 TIMOTIUS 3:15-17 DAN IMPLIKASINYA BAGI GURU PAK MASA KINI

Riu, Asrinia Susanti (2023) ALKITAB SUMBER UTAMA PENDIDIKAN KRISTEN BERDASARKAN 2 TIMOTIUS 3:15-17 DAN IMPLIKASINYA BAGI GURU PAK MASA KINI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Asrinia Depan.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)

Abstract

Alkitab merupakan pedoman hidup orang percaya. Namun tidak semua orang percaya bisa belajar apa yang tertulis dalam Alkitab dan ada yang lebih mengutamakan pengajaran duniawi atau adat istiadat dan kebudayaan yang menurutnya lebih baik. Dapat dikatakan bahwa Alkitab adalah pedoman keselamatan bagi orang percaya atau orang yang memiliki iman yang kuat kepada Tuhan. Dengan mempelajari Alkitab orang dapat menghayati perbuatan dan perkataan Tuhan dalam kehidupan orang percaya dapat mewujudkan dalam perbuatan dan perkataan. Penenlitian ini bertujuan untuk menyatakan bahwa Alkitab sumber utama Pendidikan Kristen berdasarkan ayat-ayat dalam 2 Timotius 3:15-17. Ayat-ayat ini menggaris bawahi pentingnya Alkitab sebagai wahyu Ilahi yang memberikn kebijaksanaan untuk keselamatan melalui iman dalam Yesus kristus. Dalam konteks Pendidikan Kristen, alkitab memainkan peran sentral dalam membentuk keyakinan, nilai-nilai, dan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks untuk memahami konteks dan pesan yang terkandung dalam pasal tersebut, selain itu, penelitian ini juga menganalisis implikasi teologis dan Pendidikan yang dapat ditemukan dalam ayat-ayat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alkitab adalah sumber utama yang memberikan landasan ajaran Kristen yang benar, dan bahwa pemahaman yang baik tentang Alkitab diperlukan dalam proses Pendidikan Kristen. Dengan mengambil Alkitab sebagai sumber utama Pendidikan Kristen, guru PAK dapat memainkan peran yang penting dalam membentuk karakter dan iman siswa. Melalui pemahaman yang mendalam dan pengajaran yang baik tentang Alkitab, guru PAK dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan moral dan spiritual dalam masyarakat saat ini, dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam memperkuat peran guru PAK dan meningkatkan kualitas Pendidikan Kristen di masa kini.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Dr. Riswan Ramasin
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:23
Last Modified: 09 Nov 2023 02:23
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item