Ardianto, sitip (2022) PENDEKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KRISTIANI MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN USIA 7-13 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ARDIANTO SITIP, S.Pd. SKRIPSI.docx Download (171kB) |
|
Text
Ardianto sitip_0001.pdf Download (5MB) |
Abstract
Guru PAK adalah guru yang diberikan mandat untuk membentuk karakter dan mendidik sesuai dengan panggilan yang diemban sebagai seorang guru PAK, dalam menjalankan tugasnya guru PAK harus memiliki pengajaran yang bersumber dari ALKITAB. Guru harus menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dan lingkunganan mayarakta. Menjadi guru yang profesional adalah tangunggung jawab guru PAK melakukan pendekatan dalam menerapkan nilai-nilai kristiani bagi peserta didiknya didalam pereoses belajar mengajar. Agar mereka mengerti pentingnya nilai-nilai kristen yang harus mereka hidupakan untuk mendewasakan iman mereka, supaya keperibadian mereka terbentuk sesuai dengan kehendak Firman Tuhan. Adapun tujuan penelitian adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi guru PAK dalam melakukan pendekatan kepada peserta didik Kedua, bagaimanakah guru PAK melakukan penerapan nilai-nilai kristiani, ketiga bagaimana implikasi bagi guru PAK dalam menerapkan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mengunakan panduan dari buku-buku atau studi pustaka yang mendukung penulis, dan disusun secara berurutan dalam bentuk skripsi. Penelitian dilakukan sejak bulan Maret sampai Juni 2022. Adapun hasil penelitian ini adalah guru PAK dapat memberikan pengajaran nilai-nilai Kristen untuk pertumbuhan iman dan bagaimanan pendekatan yang dilakukan oleh guru melalui cara mengajar mencontohi Kristus. Menjadi teladan bagi peserta didik dalam hal kekudusan hidup, Membangun relasi yang harmonis dengan peserta didik dan semua orang, Guru PAK bertanggungjawab dalam segala tugas pelayanannya dengan mengeluarkan semua tenaga dalam menjalankan tugas dan panggilannya sebagai guru PAK. Dengan demikian peserta didik akan termotivasi untuk untuk belajar nilai-nilai kristen untuk membekali hidupnya. Sebagaimana hipotesis dalam penelitian ini yakni “guru PAK bertanggung jawab untuk memberikan pendekatan kepada peserta didik dalam pembelajaran nilai-nilai kristiani, untuk membentuk karakter susia ini.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan, guru pendidikan agama kristen dalam menerapkan nilai-nilai kristiani melalui kegiatan pembelajaran usia 7-13 tahun |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 01:33 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 01:33 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/500 |
Actions (login required)
View Item |