PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN INQUIRY LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP BHAKTI MANDALA NABIRE-PAPUA

Renol, Renol (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN INQUIRY LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP BHAKTI MANDALA NABIRE-PAPUA. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
Tesis Renol - fix.docx

Download (170kB)

Abstract

Model Discovery dan Model Inquiry learning adalah model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Tujuan penerapan model Discovery dan Inquiry untuk meningkatakan keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas, serta mengatasi kebiasaan guru sebagai satu-satunya sumber informasi pembelajaran. Dengan penerapan Model Discovery learning dan Model Inquiry diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Bhakti Mandala Nabire Untuk menguji hipotesis seberapa signifikansi variable bebas berpengaruh terhadap variable terkait akan di uji dengan metodologi penelitian kuantitatif, dengan Populasi penelitian adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 90 siswa dan keseluruhan menjadi sampel penelitian dengan intrumen pengambilan data menggunakan 25 butir soal yang sudah melalui tahapan validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari perhitungan varians matching diperoleh F_(hitung )sebesar =34,728 dari hasil perhitungan di konsultasikan dengan nilai tabel dengan taraf signifikan 5% maka didapatkan F_(tabel ) > F_((hitung) ) yaitu 43,728 > 0,309, maka dapat dikatakan bahwa Variabel Discovery dan Variabel Inquiry berpengaruh secara Bersama-sama terhadap peningkatan prestasi belajar. Analilis uji-t diperoleh T_(hitung ) = 0,026 setelah di konsultasikan dengan T_(tabel )=2,347 dengan α = 5 % maka didapatkan 0,026 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable bebas bepengaruh secara signifikan terhadap variable terkait. Hasil perhitungan Koefesian Determinasi di peroleh 76,4 % pengaruh variabela X_(1 ) dan X_(2 ) terhadap Y. Artinya bahwa terdapat 76,4 % pengaruh secara signifikan model Discovery dan Inquiry lerarning terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen di SMP Bhakti Mandala Nabire-Papua.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Inquiry Learning, Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:15
Last Modified: 01 Sep 2022 03:15
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item