TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DAN GURU PAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SERTA NUMERASI PADA ANAK KELAS III SAMPAI VI DI SD NEGERI TUAFANU KABUPATEN KUPANG

Ledang, Mesak Beri (2022) TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DAN GURU PAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SERTA NUMERASI PADA ANAK KELAS III SAMPAI VI DI SD NEGERI TUAFANU KABUPATEN KUPANG. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
Tesis Mesak Beri Ledang.pdf

Download (813kB)

Abstract

Literasi numerasi adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan unsur penting dalam hidup. Karena itu, literasi dan numerasi harus diasah dari usia anak-anak. Dengan demikian perlu peran penting dari orang tua membentuk dan mengasah kemampuan literasi dan numerasi anak sejak dini dalam rumah tangga. Mencermati fenomena yang terjadi dalam SDN Tuafanu, 75% belum fasih membaca dan menulis, maka penulis melakukan penelitian dengan judul: “Tanggung jawab orang tua dan guru PAK dalam meningkatkan kemampuan literasi serta numerasi pada anak kelas III sampai VI di SDN Tuafanu Kabupaten Kupang”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk: (1) Untuk mengetahui sejauh mana tanggung jawab orang tua dan guru PAK dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak di SDN Tuafanu Kabupaten Kupang. (2) Memahami bagaimana peran orang tua dan guru PAK dalam membimbing dan mengawasi anak rumah dan sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di SDN Tuafanu Kupang. (3) Mengatasi masalah rendahnya literasi dan numerasi di SDN Tuafanu Kabupaten Kupang. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan guru PAK. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara menggunakan angket. Teknik analisis data lebih banyak dipadukan dengan pengumpulan data dalam penelitian.Tahap penelitian kualitatif adalah tahap sebelum memasuki lapangan. Dalam tahap ini penulis menyiapkan pertanyaan dengan menggunakan lembaran kuesioner dan membagikannya kepada orang tua murid dan guru PAK. Selanjutnya, penulis menganalisis data yang dikumpulkan dengan mengisi jawaban, yaitu data yang disiapkan oleh penulis. Temuan dan pembahasan penelitian ini adalah sebagai berikut:(1) Kepala sekolah harus melakukan supervisi bagi guru yang mengajar dikelas sehingga proses pembelajaran dapat dikontrol dan berjalan semaksimal mungkin. (2) Orang tua sebagai guru pertama di rumah harus mengawasi, membimbing dan mendorong anak untuk giat membaca dan menghitung. Untuk itu, orang tua harus menyediakan sarana baca untuk anak, seperti koran, majalah, buku komik dan lain sebagainya. Denganmenyediakan fasilitasyang tepat, akan mendorong anak untuk gemar membaca. (3) Sebagai guru harus mengajar anak lebih giat mengenal huruf dengan baik dan juga mendorong anak untuk lebih banyak membaca, menulis serta menghitung dirumah dan juga orang tua dan guru harus kerjasama yang baik dalam meningkatkan kemampuan literasi serta numerasi anak di SDN Tuafanu untuk mencerdaskan anak-anak bangsa yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Orang Tua, Guru PAK, Peningkatan Literasi serta Numerasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:05
Last Modified: 31 Aug 2022 02:05
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item