PENGARUH METODE TANYA JAWAB DAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN WALENDRANG BARAT

Riswan, Riswan (2022) PENGARUH METODE TANYA JAWAB DAN KEAKTIFAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN WALENDRANG BARAT. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
Tesis Riswan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penulisan Tesis si ini yaitu:Pertama Bagaimana pendangan umum tentang metode tanya jawab dengan keaktifan belajar siswa SD Kecamatan Walenrang Barat. Kedua, Bagaimana pengaruh metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Kecamatan Walenrang Barat. Ketiga, Bagaiamana implikasinya bagi guru masa kini. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: pertama, Menjelaskan semaksimal mungkin mengenai pandangan umum metode Tanya jawab dan keaktifan belajar siswa di SD Se-kecamatan Walendrang Barat. kedua Menjelaskan pengaruh metode Tanya jawab terhadap keaktifan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Se-Kecaatan Walendrang Barat.ketiga Menjelaskan implikasi metode Tanya jawab terhadap guru masa kini. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan Tesis ini menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode ini adalah jenis penelitian yang memperlihatkan hasil penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan berbagai prosedur sistematika atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran) . Hasil penelitian ini adalah Pertama, metode Tanya jawab berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa, yaitu semakin baik penerapan metode Tanya jawab maka semakin baik (meningkat) Minat Belajar Siswa, begitupun sebaliknya. Kedua, keaktifan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa, yaitu semakin baik keaktifan belajar maka semakin baik (meningkat) Minat Belajar Siswa, begitu sebaliknya.Ketiga, metode Tanya jawab dan keaktifan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. Besar pengaruh simultan metode Tanya jawab dan keaktifan belajar terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa.Keempat, besar pengaruh variabel metode Tanya jawab sebesar 37% sedangkan besar pengaruh variabel keaktifan belajar sebesar 11%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel metode Tanya jawab memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan variabel keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Tanya Jawab, Keaktifanbelajar, Minat Belajar, Sekolah Dasar Se-Kecamatan Walendrang Barat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:40
Last Modified: 29 Aug 2022 07:40
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item