Zebua, Nofri Yanti (2021) HUBUNGAN iMODEL iPEMBELAJARAN iDAN iSARANA iPRASARANA iDENGAN iPENINGKATAN iPRESTASI iBELAJAR iMAHASISWA iS1 iPRODI iPAK iSETIA iJAKARTA ii. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.
Text
Repository Novri Zebua, M.Pd..docx Download (240kB) |
Abstract
Prestasi belajar mahasiswa di pengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan dosen di dalam proses pembelajaran di kelas dan juga sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran yang ada di kampus tersebut. Banyak variabel yang menentukan prestasi belajar mahasiswa di kampus seperti lingkungan kampus, kurikulum yang dipakai, pendidikan orang tua, motivasi mahasiswa, ketersediaan dana operasional dan sebagainya. Dalam penelitian ini yang diteliti hanya variable Model Pembelajaran dan Sarana Prasarana apakah berhubungan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara model pembelajaran dengan prestasu belajar mahasiswa di STT SETIA Jakarta, diamana kontribusi yang diberikan sebesar 16.7%. dan dapat diartikan bahwa makin bagus model pembelajaran maka akan semakin baik prestasi belajar mahasiswa. Sebaliknya semakin kurang bagus model pembelajaran maka akan semakin kurang pula prestasi belajar mahasiswa S1 Prodi PAK STT SETIA Jakarta. Persamaan regresi sederhana untuk meramalkan variable motivasi belajar mahasiswa (X1) dengan prestasi belajar (Y) adalah Y = 0.338 + 0.352X1. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Sarana Prasarana dengan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Prodi PAK SETIA Jakarta, dimana kontribusi yang diberikan sebesar 19.9%. dan dapat diartikan bahwa semakin bagus sarana prasarana, tidak menjamin akan semakin baik prestasi belajar mahasiswa. Sebaliknya, semakin kurang bagus sarana prasarana maka akan semakin kurang pula prestasi belajar mahasiswa S1 Prodi PAK STT SETIA Jakarta. Persamaan regresi sedrhana untuk meramalkan sumbangan variable sarana prasarana (X2) dengan prestasi belajar (Y) adalah: Y = 0.474 + 0.320X2. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara model pembelajaran dan sarana prasarana secara Bersama-sama dengan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Prodi PAK STT SETIA Jakarta, kontribusi yang diberikan sebesar 24.4%. kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makin bagus model pembelajaran dan sarna prasarna secara Bersama-sama akan meningkatkan Prestasi belajar mahasiswa S1 Prodi PAK STT SETIA Jakarta. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran dan sarana prasarana memberikan sumbangan positif dan sangat signifikan bagi peningkatan Prestai Belajar Mahasiswa di lingkungan S1 Prodi PAK STT SETIA Jakarta. Persamaan regresi berganda adalah: Y = 29.664+0.212X1+0.231X2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, sarana dan prasarana, prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 08:42 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 08:42 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |