Kamisi, Susi Susanti (2021) SUMBANGSI KOMPETENSI DAN MOTIVASI GURU PAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAK SISWA DI SD N 60 HALMAHERA BARAT. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.
Text
Repository Susi Susanti Kamisi, M.Pd..docx Download (152kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sumbangsi kompetensi guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) ter-hadap prestasi belajar PAK siswa, sumbangsi motivasi guru PAK terhadap prestasi belajar PAK siswa dan sumbangsi kompetesi dan motivasi guru PAK secara ber-sama-sama terhadapat prestasi belajar PAK siswa di SD N 60 Halmahera Barat. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, tiga orang guru PAK dan siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Tahapan dalam penelitian kualitatif adalah tahap memasuki lapangan dengan per-tanyaan, analisis datanya dengan analisis domain. Tahap kedua adalah menentuk-kan focus, teknik pengumpulan data dengan minitour question, analisis data dil-akukan dengan analisis taksonomi. selanjutnya pada tahap selection, pertanyaan yang digunakan adalah pertanyaan structural, analisis data dengan analisis data kompensial. Setelah analisis kompensial dilanjutkan analisis tema. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpul-kan dan mengetahui kebenarannya.Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu terdapat sumbangsi yang signifikan dari kompetensi dan motivasi guru PAK terhadap prestasi belajar PAK siswa di SD N 60 Halmahera Barat. Untuk itu per-lu dilakukan beberapa hal yaitu (1) Kepala Sekolah : Perlu adanya pembinaan bagi guru-guru Pendidikan Agama Kristen oleh kepala sekolah agar semakin kreatif dalam mengajar, sehingga membantu siswa berkembang dari segi intelektual, iman dan pribadinya untuk mengembangkan proses pembelajaran yang optimal. Perlu menyediakan sarana dan prasaran yang mendukung dalam proses pembelajaran PAK untuk pengembangan kompetensi guru-guru PAK serta keterampilan siswa dalam belajar PAK. (2) Bagi Guru PAK : Hendaknya guru PAK semakin mampu menjadi guru yang berkompeten dengan mempergunakan berbagai kemampuan yang dimilikinya. Guru perlu menyiapkan materi dan metode yang kreatif secara matang sebelum mengajar, juga perlu menciptakan suasana kelas yang kondusif agar nyaman dalam memberikan materi pelajaran PAK dengan baik. Sehingga para siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran agama dengan baik dan juga agar para siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran tersebut. Guru sebaiknya berinteraksi secara langsung dengan peserta didik dengan memberi dukungan, motivasi, ma-sukan agar membantu para peserta didik dalam proses belajar sehingga dapat ter-motivasi untuk belajar dan terus belajar, baik disekolah mapun di luar sekolah. (3) Bagi Siswa : Bagi para siswa agar terus memotivasi diri untuk mempelajari mata pelajaran agama Kristen lebih baik lagi dan lebih giat lagi, sehingga mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan dan bertumbuh dalam iman yang benar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru, motivasi guru, prestasi belajar siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:51 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:51 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/323 |
Actions (login required)
View Item |