PERAN GURU PAK MENGEMBANGKAN TEORI KONTSTRUKTIVISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK USIA 6-12 TAHUN

Ngongo, Anita (2021) PERAN GURU PAK MENGEMBANGKAN TEORI KONTSTRUKTIVISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK USIA 6-12 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
REPOSITORY SKRIPSI ANITA NGONGO.docx

Download (35kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Guru PAK Mengembangkan Teori Kontstrukvitisme Dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik Usia 6-12 Tahun”. Dalam hal ini terlihat ketika peserta didik usia 6-12 tahun bisa mengembangkan apa yang di ajarkan oleh guru tersebut. Guru kuarng menerapkan proses pembelajaran kostruktivisme dalam mengembangkan minat peserta didik. Bahwa dalam hal ini membahwa dampak yang tidak baik bagi peserta didik, dalam mencapai tujuan dari pembelajaran konstruktivisme yang diharapkan oleh peserta didik. Apabila guru kurang bijaksana dalam menyikapi hal tersebut, maka dapat mengakibatkan masalah di dalam belajar bagi peserta didik. Dengan demikian, maka tujuan pembelajaran untuk mencapai keberhasilan tidak terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.Guru juga memahami akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pengajar dan berupaya agar peserta didik dapat belajar dengan baik dan memberikan semangat belajar kepada peserta didik supaya bisa mengembangkan apa yang didapatkan dari guru. Yaitu peran guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, peran guru dalam menggunakan metode dan media belajar secara bervariasi. Selain itu, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan pembelajaran yang diterima dari guru. Seperti hal ini yang dilakukan oleh Tuhan Yesus sebagai guru Agung telah memberikan teladan kepada kita semua, maka diharapkan kepada guru PAK dapat meneladani Tuhan Yesus sebagai pengajar yang ulang sepanjang masa. Skripsi ini terdiri atas lima bab, yaitu: bab Satu membahas pendahuluan. Bab dua membahasa tentang Kajian Teori pengertian Konstruktivisme. Bab Tiga membahas Peran Guru PAK dalam Pengembangan Teori Konstruktivisme. Bab Empat Aplikasinya bagi guru Pendidikan Agama Kristen, dan Bab Lima saran.Akhirnya penulis mengucapkan terimkasi kepada pembaca skripsi ini guru dapat memberikan semangat belajar kepada peserta didik dalam pengajaran.Teori konsrtuktivisme merupakan pembelajaran yang bersifat generative, yaitu tindakan menciptakan sesuatu makna dari apa yang di pelajari salah satu teori proses pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan peserta didik usia 6-12 tahun. Dimanapun anak didik tersebut berada dia mampu mengembangkan pengetahuannya sendiri atau mengkonstruksi apa yang di ajarkan oleh seorang guru. Guru adalah salah satu mediator atau fasilitator yang mendidik peserta didik supaya mereka bisa membentuk pengetahuannya sendiri.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Uncontrolled Keywords: mengembangkan teori konstruktivisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:04
Last Modified: 29 Sep 2021 03:04
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item