Milla, Nopriana Susanti (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGAJAR PESERTA DIDIK USIA 10-12 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)
Text
NOPRIANA SUSANTI MILLA PAK 2018 OK.pdf Download (410kB) |
Abstract
Berdasarkan pembatasan masalah penelitian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran umum tentang kreativitas mengajar, guru PAK, dan peserta didik. 2) Bagaimana kreativitas guru PAK dalam mengajar peserta didik usia 10-12 tahun. 3) Aplikasinya bagi guru PAK. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: 1). Menjelaskan gambaran umum tentang kreativitas mengajar, guru PAK, dan peserta didik usia 10-12 tahun. 2). Menjelaskan tentang kreativitas guru PAK dalam mengajar peserta didik usia 10-12 tahun. 3). Menjelaskan aplikasinya bagi guru PAK. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusunan skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (kepustakaan). Alasannya, dengan mengumpulkan teori-teori para ahli dapat menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil yang diperoleh atau ditemukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: kreativitas dalam mengajar merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem pembelajaran, melalui kreativitas guru PAK diharapkan dapat menyajikan materi ajar supaya dengan mudah diterima oleh peserta didik. Guru PAK dituntut memiliki keterampilan dalam mengajar guna mendidik dan mengajar setiap peserta didik dengan menggunakan berbagai macam metode dan media pembelajaran kreatif yang dapat menarik perhatian peserta didik untuk memiliki semangat belajar. Sebab guru PAK mengajar tanpa menggunakan variasi, metode pembelajaran kreatif, maka peserta didik tidak dapat mengerti setiap materi yang disampaikan oleh guru PAK, sehingga menimbulkan rasa jenuh dan membosankan peserta didik untuk belajar. Kreativitas mengajar memiliki peranan penting dalam pembelajaran PAK, khususnya bagi kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru PAK hendaknya memiliki keterampilan dalam mengajar, mendidik dan mengarahkan peserta didik. Guru PAK juga diharapkan mampu mengembangkan kreativitas dalam pengajaran guna meningkatkan semangat belajar peserta didik serta menghilangkan kejenuhan dan kebosanan dalam proses belajar mengajar. Adapun hipotesis penelitiannya adalah jika guru PAK memiliki kreativitas dalm mengajar, maka akan meningkatkan semangat belajar peserta didik usia 10-12 tahun terwujud. Berdasarkan hasil penelitian, kreativas menunjukkan bahwa guru PAK sangat berperan penting dalam menjalankan tugas utamanya dalam mengajar, tetapi juga berperan aktif dalam membimbing, mendidik, dam motivasi sehingga dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian di atas, adapun sara-saran yang direkomendasikan adalah guru PAK diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan bertanggung jawab dan terampil menerapkan metode yang baik dan benar, sehingga di dalam mendidik, mengajar, membimbing setiap peserta didik dapat mengalami perubahan dalam dirinya. Guru PAK mampu meneladani Yesus Kristus sebagai Guru Agung yang dalam pengajarannya dapat memberi motivasi kepada peserta didik dengan menggunakan metode dan media mengajar yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, guru, mengajar, anak, usia 10-12 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 08:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 08:13 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
View Item |