PERAN GURU PAK DALAM MENGATASI ANAK USIA 6-13 TAHUN YANG PUTUS SEKOLAH DI SDN 0711048 TETEGEONAAI KABUPATEN NIAS

Hura, Noverianus (2018) PERAN GURU PAK DALAM MENGATASI ANAK USIA 6-13 TAHUN YANG PUTUS SEKOLAH DI SDN 0711048 TETEGEONAAI KABUPATEN NIAS. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
noverianus hura PAK 2018 OK.pdf

Download (613kB)

Abstract

Berdasarkan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Guru PAK sangat berperan penting dalam mengatasi anak yang putus sekolah di SDN 071048 dan memiliki tanggung jawab terhadap pencapaian tujuan pendidikan, dimana guru PAK tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu yang diajarkan dan memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar, tetapi guru PAK hendaknya menampilkan kepribadian yang dapat mengarahkan dan membimbingan siswa untuk mencapai cita-cita masa depan. Guru PAK hendaknya mampu mengadakan suatu pendekatan yang baik terhadap siswa dalam mengatasi anak yang putus sekolah di SDN 071048 Tetegeonaai, agar siswa memiliki minat dan motivasi untuk bersekolah dan begitu juga orang tua sadar akan pentingnya pendidikan, sehingga orangtua berupaya sekuat tenaga untuk menyekolahkan anaknya ketingkat yang lebih tinggi. Jika demikian timbul pertanyaan: bagaimana peran guru PAK dalam mengatasi anak usia 6-13 tahun yang putus sekolah di SDN 071048 Tetegeonaai Nias. Berdasarkan rumusan permasalahan di atas, maka penulis mempunyai tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu: Mengetahui peranan guru PAK dalam mengatasi anak usia 6-13 tahun yang putus sekolah di SDN NO. 071048 Tetegeonaai kabupaten Nias. Skripsi ini adalah karya ilmiah yang merupakan hasil penelitian kualitatif lapangan oleh penulis yang diuraikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penulisan karya ilmiah ini, maka dapat dibagi menjadi lima bab yaitu: pertama: rumusan masalah; kedua, kajian teoritis mengenai peranan guru PAK dalam mengatasi anak usia 6-13 tahun yang putus sekolah di SDN no. 071048 Tetegeonaai kabupaten Nias; ketiga, metodologi penelitian; keempat, pembahasan dan hasil penelitian; kelima, kesimpulan dan saran. Penelitian yang diadakan di SDN no. 071048 Tetegeonaai kabupaten Nias memperoleh hasil penelitian yaitu guru PAK sangat berpenting penting dalam mengatasi anak usia 6-13 tahun yang putus sekolah di SDN No. 071048 Tetegeonaai Nias. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang direkomendasikan adalah dari pihak sekolah di SDN 071048 diharapkan guru dan semua personil dapat memberikan solusi penyebab dari masalah anak yang tidak bersekolah atau putus sekolah, hendaknya bisa diatasi oleh guru. Dari pihak kepala sekolah agar lebih memperhatikan pendidikan siswa-siswinya atau mendekatkan diri dan memberikan arahan serta dukungan akan pentingnya pendidikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Uncontrolled Keywords: guru, mengatasi, putus sekolah, tetegeonaai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 05 Oct 2020 07:20
Last Modified: 05 Oct 2020 07:20
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item