TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANAMKAN FIRMAN TUHAN PADA REMAJA USIA 12-15 TAHUN

Tefu, Martimna (2018) TANGGUNG JAWAB GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANAMKAN FIRMAN TUHAN PADA REMAJA USIA 12-15 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MARTIMNA TEFU OKKK.pdf

Download (431kB)

Abstract

Berdasarkan pembatasan masalah penelitian, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana gambaran kualitas kepribadian guru PAK dan perkembangan karakter remaja? Kedua, Bagaimana tanggung jawab guru PAK dalam menanamkan Firman Tuhan pada remaja usia 12-15 tahun? Ketiga, Bagaimana mengaplikasikannya sebagai guru PAK dalam menanamkan Firman Tuhan pada remaja? Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: untuk menjelaskan gambaran kualitas kepribadian guru PAK dan perkembangan karakter remaja, untuk menjelaskan bagaimana tanggung jawab guru PAK dalam menanamkan Firman Tuhan pada remaja, untuk menjelaskan aplikasi bagi guru PAK sebagai pengajar dalam menanamkan Firman Tuhan pada remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusunan skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (murni), metode penulisan yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis artinya “menyediakan dan menguraikan bagian-bagiannya”. Deskriptif adalah “membuat gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki”. Berdasarkan hasil yang diperoleh atau ditemukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: kepribadian guru PAK dapat dilihat dari: guru PAK yang bertumbuh di dalam Kristus, hidup dalam bimbingan Roh Kudus, memiliki konsep diri positif, guru juga bertanggung jawab dalam hal mengajar, melatih, memotivasi, membimbing, menasehati remaja, tentang Firman Tuhan, ini adalah hal yang penting karena ketika tugas dan tanggung jawab ini dilakukan dengan baik dan benar maka remaja yang hidup pada zaman globalisasi ini akan memiliki kepribadian yang baik. Menjadi guru PAK perlu juga rendah hati, mencintai sama seperti Yesus memberi contoh yang terbaik. Adapun hipotesis penelitian adalah jika semua guru PAK memiliki kepribadian yang selaras dan serasi antara perkataan dan tingkah lakunya antara pengajaran dan kehidupan dalam membimbing remaja untuk menanamkan Firman Tuhan. Maka remaja akan memiliki sifat hidup yang berorientasi kepada Allah melalui perjumpaannya dengan Kristus. Hasil penelitian ini sebagai masukan yang membangun guru meningkatkan kualitas mengajar guru PAK serta memberikan sumbangan pemikiran bagi pemecahan masalah yang berhubungan dengan judul sentral dari suatu penelitian dan dapat juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan atau dikembangkan lebih lanjut serta referensi terhadap penelitian yang sejenis.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Uncontrolled Keywords: guru, Kristen, Firman Tuhan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 17 Jul 2020 03:07
Last Modified: 17 Jul 2020 03:07
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item