Malkabani, Debby (2018) PENGARUH KETEGASAN GURU PAK DALAM MENDISPLINKAN PESERTA DIDIK USIS 15-17 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Submitted)
Text
Debby makabani PAK 2018 ok.pdf Download (503kB) |
Abstract
Berdasarkan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: pentingnya peranan ketegasan guru PAK dalam membentuk kedisplinan peserta didik. Mengapa guru PAK mesti bersikap tegas? Karena saat ini khususnya yang berusia 15-17 tahun tidak lagi memiliki kedisplinan yang baik. Peraturan-peraturan dan tata tertib tidak lagi dipatuhi oleh peserta didik. Peserta didik memiliki sikap acuh tak acuh erhadap peraturan yang dikeluarkan baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal peserta didik. Maka, untuk menyikapi hal tersebut guru Pak dan orangtua mesti bersikap tegas dalam menerapkan disiplin bagi peserta didik. Akan tetapi, masih ada beberapa guru PAK dan orangtua yang kurang tegas dalam menyikap sikap kurang disiplin dari peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan peranan ketegasan guru PAK dalam membentuk kedisplinan peserta didik serta implikasinya bagi guru PAK. metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusun skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif (murni). Dengan menggunakan studi pustaka berdasarkan teori-teori para ahli dan menyususnnya secara baik dalam bab I-V. Adapun hipotesis penelitian adalah jika guru PAK dapat bersikap tegas terhadap peserta didik maka akan membentuk kedisplinan peserta didik dan hasil penelitiannya adalah pertama, apabila guru PAK memiliki pengertian tentang sikap tegas maka guru PAK dapat bersikap tegas terhadap peserta didik. Kedua, guru PAK perlu mengadakan kerja sama antara sekolah, keluarga dan lembaga pendidikan lainnya. Ketiga, guru PAK mesti memahami tentang pentingnya ketegasan dan bagaimana cara untuk menerapkannya. Baik melalui sikap hidup guru PAK maupun tanggung jawab guru PAK. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang direkomendasikan adalah: guru PAK mesti bersikap tegas peserta didik dan bekerja sama dengan orangtua dalam meningkatkan kedisplinan peserta didik. Peserta didik juga mesti menyadari arti pentingnya displin agar peserta didik hanya memiliki pengetahuan disiplin agar didik tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga kepribadian yang baik.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Disiplin, ketegasan, guru, peserta didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 04:09 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 04:09 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/92 |
Actions (login required)
View Item |