Lontorin, Diana Esterina (2018) KONTRIBUSI PENDIDIKAN KRISTEN MENGATASI RENDAHNYA MINAT BELAJAR REMAJA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Submitted)
Text
Diana Lontorin, PAK, 2018 OKK.pdf Download (551kB) |
Abstract
Berdasarkan pembahasan masalah penelitian, maka dapat dirumuskan masalah penelitiannya adalah. Pertama apa saja yang akan menjadi penghambat remaja dalam belajar? Kedua bagaimana pendidikan Kristen berkontribusi untuk mengatasi minat belajar remaja? dan ketiga bagaimana pendidik kristen dan remaja dapat mengaplikasikan kontribusinya? Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan penting yang menjawab rumusan masalah yaitu untuk meyakinkan kepada pembaca bahwa pendidik Kristen, punya kontribusi penting yang mempengaruhi aspek hidup remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusunan skripsi ini yaitu penelitian kualitatif murni alasannya, untuk mengembangkan dan mengkaji hipotesa atau menguji suatu kebenaran teori. Berdasarkan hasil yang diperoleh atau ditemukan dalam penelitian ini, terdapat beberapa signifikasi, sebagai berikut: 1. Signifikan rumusan masalah pertama dengan bab dua yaitu adanya beberapa penghambat minat belajar bagi remaja yakni, faktor individu yang melingkupi fisiologis remaja, dimana kekurangan yang terlihat pada tubuh jasmaninya akan membuat dia kehilangan percaya diri, dan juga psikologi remaja yang melingkupi mentalitas remaja itu seperti kekurangan minat, kecerdasan, bakat, dan motivasi yang didapat dari orang lain. selain faktor individu, terdapat juga faktor dari luar seperti lingkungan keluarga, pergaulan, masyarakat, dan kurangnya Pendidikan Kristen dalam melakukan tugas dan tanggung jawab mereka bagi remaja yang menghambat pembelajaran remaja. 2. Signifikan rumusan masalah kedua dengan bab tiga yaitu, dimana pendidik kristen berkontribusi untuk mengatasi rendahnya minat belajar remaja dengan melakukan beberapa hal, seperti memotivasi remaja, menyiapkan kebutuhan remaja, dan lain-lain yang membantu remaja menumbuhkan minat belajar mereka dan mengeluarkan mereka dari keterpurukkan akibat faktor individualnya. 3. Signifikan rumusan masalah ketiga dengan bab empat, dimana remaja dan pendidik kristen telah memahami dan mengerti kontribusi mereka untuk diaplikasikan dalam kehidupan mereka. Adapun hipotesis penelitian ini adalah jika Pendidik Kristen berkontribusi untuk membantu remaja dalam proses pembelajaran yang benar serta bertanggung jawab, maka rendahnya minat belajar remaja dapat diatasi adalah terbukti. Dan hasil penelitiannya adalah, remaja dan pendidik kristen dapat melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi dan meningkatkan minat belajar. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang direkomendasikan adalah, remaja perlu tekun dalam Firman Tuhan dan mencoba menjadikan Firman Tuhan sebagai standar kehidupan, orangtua perlu melakukan kewajiban mereka dengan takut akan Tuhan, dan Guru PAK perlu menanamkan nilai kristiani bagi peserta didiknya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar, Remaja, rendah minat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 04:05 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 04:05 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/91 |
Actions (login required)
View Item |