Kristina, Siska (2024) TANGGUNG JAWAB GURU PAK DALAM MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.
![]() |
Text
Repo Siska.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menunjukan kajian tanggung jawab guru PAK dalam mengatasi perilaku perundungan bagi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya intimidasi dari sekelompok peserta didik yang lebih senior kepada junior, adanya peserta didik yang mengalami perundungan dari teman sekolah, kecenderungan sifat egosentris remaja yang hanya mementingkan dirinya sendiri, minimnya perilaku prososial kepada sesama yang mendatangkan ketidaksenangan orang lain. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut, yaitu: pertama, Bagaimana latar belakang guru PAK dalam mengatasi perilaku perundungan bagi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama. Kedua, Bagaimana tanggung jawab guru PAK dalam mengatasi perilaku perundungan pada peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama. Ketiga, Bagaimana implikasi guru PAK bagi peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama. Ada pun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menegaskan betapa pentingnya tanggung jawab guru PAK dalam mengatasi perilaku perundungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan (Library Research) dengan mengadakan studi terhadap buku-buku literatur, Alkitab, jurnal artikel, dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini adalah guru PAK akan mengembangkan pemahaman tentang perundungan dan efeknya, menanamkan nilai-nilai Kristiani, meningkatkan keterampilan sosial dan empati, menjadi teladan dan pendamping, bekerja sama dengan pihak sekolah dan orang tua, mendorong kebijakan anti-perundungan. Oleh karena itu, guru PAK memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan menghargai keberagaman. Mereka juga membantu mengatasi masalah perundungan di kalangan peserta didik Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan pendekatan yang menyeluruh yang melibatkan aspek spiritual, sosial, dan emosional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:28 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |