STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BAGI PESERTA DIDIK USIA 11-15 TAHUN

NURMALA, SUNI (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BAGI PESERTA DIDIK USIA 11-15 TAHUN. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
Repo Suni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk eksplorasi strategi yang diterapkan oleh instruktur pendidikan agama Kristen dalam mempergunakan media pembelajaran audiovisual bagi peserta didik usia 11-15 tahun. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literatur dari berbagai referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Guru Pendidikan Agama Kristen yang telah memanfaatkan media audiovisual dalam proses pengajaran mereka. Adapun beberapa strategi yang dipakai oleh Guru Pendidikan Agama Kristen Pertama, mereka selektif dalam memilih konten yang sesuai dengan pemahaman dan ketertarikan peserta didik. Mereka memastikan bahwa bahan-bahan yang disampaikan melalui media audiovisual sejalan dengan kurikulum dan nilai-nilai Agama Kristen. Kedua, mereka mengadopsi berbagai jenis media, termasuk video pembelajaran, presentasi multimedia, dan rekaman audio, untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik. Mereka menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki preferensi berbeda dalam menyerap informasi, sehingga variasi media membantu menjangkau kebutuhan belajar individu. Ketiga, guru-guru menggabungkan media audiovisual dengan aktivitas interaktif seperti diskusi kelompok dan permainan peran untuk memperkuat pemahaman konsep agama. Interaksi langsung antara guru dan peserta didik serta antar sesama peserta didik juga membantu dalam memperdalam pemahaman mengenai ajaran Agama Kristen. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru-guru menggunakan pendekatan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran individu peserta didik. Mereka memberikan dukungan tambahan kepada murid-murid yang memerlukannya dan menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai dengan gaya belajar masing-masing peserta didik. Hal ini meningkatkan partisipasi dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang pemanfaatan media pembelajaran audiovisual dalam konteks pendidikan agama Kristen. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru-guru agar dapat memanfaatkan media pembelajaran dengan efektif dalam proses pembelajaran Agama Kristen bagi peserta didik usia 11-15 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:22
Last Modified: 02 Oct 2025 04:22
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item