IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD KRISTEN MUTIARA INDAH

Nazara, Lius Ade Boy (2023) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD KRISTEN MUTIARA INDAH. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Liua AD Depannya.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)

Abstract

Perubahan kurikulum dari kurikulum k13 ke kurikulum merdeka belajar berdapak besar bagi sekolah maupun kepada guru. Kurikulum merdeka belajar membebaskan peserta didik dalam belajar, namun peserta didik terbiasa belajar dengan dampingan guru. Perubahan kurikulum terbilang tergesah-gesah hingga mengakibatkan sekolah maupun guru harus melakukan penyesuaian yang baru dalam mengajar khususnya pendidikan agama kristen (PAK) di sekolah. Kurikulum merdeka belajar mengutamakan project setiap mata pelajaran di sekolah. SD Mutiara Indah sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar namun masih banyak kekurangan dalam proses pembelajaran karena penerapannya masih terbilang baru, untuk sejalan dengan penerapan kurkulum merdeka belajar, SD kristen mutiara indah harus menggunakan model project based learning dalam PAK. Dalam pembahasan ini, penulis menjelaskan masalah penelitian sebagai berikut; pertama Bagaimana kajian teori implementasi project based learning dalam pembelajaran PAK pada kurikulum merdeka belajar di SD Kristen Mutiara Indah? Dan kedua Bagaimana hasil dan pembahasan implementasi project based learning dalam pembelajaran PAK pada kurikulum merdeka belajar di SD Kristen Mutiara Indah? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini merupakan metode kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data riset campur sari (mixed methods) dalam mendapatkan data dan hasil yang akurat. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu jika kurikulum merdeka belajar membebaskan peserta didik dalam belajar PAK, maka guru PAK harus menggunakan model pembelajaran project based learning dalam proses pebelajaran. Kiranya melalui penulisan skripsi ini, dapat memberikan kostribusi bagi guru PAK maupun penulis lainnya, dapat memahami model pem belajaran daalam kurikulum merdeka belajar menggunakan project based learning.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Dr. Riswan Ramasin
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:24
Last Modified: 09 Nov 2023 02:24
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item