PERAN GURU PAK DALAM PENERAPAN LITERASI BACA TULIS DI KELAS 1-3 SDTK PNIEL SUMBA

Deritno, Deritno (2023) PERAN GURU PAK DALAM PENERAPAN LITERASI BACA TULIS DI KELAS 1-3 SDTK PNIEL SUMBA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Deritno Depan.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam penerapan literasi baca tulis pada siswa kelas 1 sampai 3 Sekolah Dasar Teologi Kristen (SDTK). Literasi baca tulis adalah keterampilan penting yang harus dikembangkan sejak usia dini untuk membantu siswa dalam belajar, berkomunikasi, dan mengembangkan pemahaman tentang dunia di sekitar mereka. Namun pada kenyataannya literasi baca tulis di SDTK PNIEL SUMBA belum terlaksana dengan baik dikarenakan banyak faktor yang menghambat seperti fasilitas belum memadai, dukungan dari orang tua kurang, tantangan teknologi, minat baca tulis kurang dak ketimpangan sosial ekonomi. Sehingga Penulis Menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru PAK, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAK memiliki peran yang penting dalam penerapan literasi baca tulis pada siswa kelas 1 sampai 3 SDTK PNIEL. Peran guru PAK antara lain yaitu: Pembangunan fondasi literasi, Peningkatan keterampilan membaca, Pengembangan keterampilan menulis, Penanaman minat membaca, Kolaborasi dengan orang tua

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Dr. Riswan Ramasin
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:23
Last Modified: 09 Nov 2023 02:23
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item