REKONSTRUKSI MISI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA DISRUPSI

ZAI, CALVIN REVORMASI (2023) REKONSTRUKSI MISI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA DISRUPSI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Calvin Depannya.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tantangan yang akan dihadapi oleh guru pendidikan agama Kristen pada era disrupsi ini adalah bagaimana menghadirkan misi pendidikan agama Kristen yang selalu relevan, menarik, dan sesuai tuntutan zaman kepada generasi muda yang hidup dalam era yang penuh dengan perubahan cepat, dengan tujuan utama ialah adanya seluruh peserta didik yang mengenal akan nilai-nilai ajaran agama Kristen pada era disrupsi. Rekosntruksi misi pendidikan agama Kristen di era disrupsi ini juga melibatkan peran yang lebih aktif dari gereja dan para pendidik agama Kristen. Gereja perlu melibatkan diri dalam pembentukan kebijakan pendidikan agama Kristen yang responsif terhadap perubahan zaman. Para pendidik agama Kristen perlu memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menghadapi tantangan baru yang muncul akibat disrupsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agama Kristen di era disrupsi perlu mengadopsi pendekatan yang inklusif, inovatif, dan relevan. Inklusif akan menlibatkan pengakuan terhadap keragaman keyakinan dan praktik keagamaan dalam konteks yang lebih luas. Inovasi diperlukan untuk menghadirkan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif, seperti penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, media sosial, dan platform daring. Relevansi akan menuntut pendidikan agama Kristen untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu kontemporer yang akan dihadapi oleh generasi muda. Pendidikan agama Kristen di era disruspsi perlu mengalami rekonstruksi untuk tetap relevan dan efektif. Inklusif, inovasi, dan relevansi menjadi kunci dalam menghadirkan pendidikan agama Kristen yang mampu menjangkau dan membekali seluruh peserta didik untuk selalu bisa dalam menghadapi tantangan zaman dengan iman dan kebijaksanaan. Skripsi ini terdiri atas lima bab, bab I: Pendahuluan; bab II: Kajian Teori Tentang Rekonstruksi Misi Pendidikan Agama Kristen Di Era Dsirupsi; bab III: Misi Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi; bab IV: Aplikasi bagi guru pendidikan agama Kristen; bab V: Kesimpulan dan Saran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Dr. Riswan Ramasin
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:21
Last Modified: 09 Nov 2023 02:21
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item