KERJA SAMA GURU PAK DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD SWASTA BINA SETIA SEMARO KEC. KUALA BEHE, KAB. LANDAK KALIMANTAN BARAT

Gulo, Septiana Christi (2023) KERJA SAMA GURU PAK DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD SWASTA BINA SETIA SEMARO KEC. KUALA BEHE, KAB. LANDAK KALIMANTAN BARAT. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Septi bagian depan.pdf

Download (813kB)
[img] Text
Septiana CG. Bab I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Septiana CG. Bab II.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Septiana CG. Bab IV.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Septiana CG. Bab V.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kesulitan belajar biasa dialami oleh peserta didik secara umum, namun tidak semua guru mampu mengatasi kesulitan tersebut, keterlibatan orang tua dalam membantu anak belajar di rumah merupakan hal penting. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana guru dan orang tua dapat bekerja sama, menjelaskan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar, menjelaskan bagaimana bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Di mana peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara/kuesioner, untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; bentuk kerja sama-guru dan orang tua yaituParenting, melakukan pertemuan pendekatan, komunikasi serta keterlibatan orang tua dalam mendukung anak belajar di rumah. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar yaitu sarana dan prasaran tidak memadai, kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak, pengaruh lingkungan sekitar. Bentuk kerja sama guru dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik adalah dapat diwujudkan melalui peranannya masing-masing, seperti keaktifan guru sekolah dalam mengajar dan perhatian orang tua terhadap anak di rumah, serta bagaimana keduanya secara bersama-sama berkomitmen untuk tujuan yang sama dalam untuk mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Meningkatkan hasil belajar peserta didik tidak hanya menjadi tanggung jawab guru sekolah, tetapi orang tua turut serta memotivasi, memantau anak selama belajar, memberikan hadiah atas prestasinya dan mendukung pembelajaran anak dengan menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk belajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Dr. Riswan Ramasin
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:21
Last Modified: 09 Nov 2023 02:21
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item