TANTANGAN PROFESIONALISME GURU PAK SEBAGAI PENDIDIK DI ERA DIGITAL

Satria, Igo (2023) TANTANGAN PROFESIONALISME GURU PAK SEBAGAI PENDIDIK DI ERA DIGITAL. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)

[img] Text
Cover_merged.pdf

Download (797kB)
[img] Text
Igo Satria Bab I.docx

Download (52kB)
[img] Text
Igo Satria Bab II.docx

Download (84kB)
[img] Text
Igo Satria Bab III.docx

Download (78kB)
[img] Text
Igo Satria Bab IV.docx

Download (54kB)
[img] Text
Igo Satria Bab V.docx

Download (43kB)

Abstract

Kompetensi dasar guru terdiri dari lima aspek utama, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi spiritual. Mengkaji kompetensi profesional di era digital sangat penting karena era ini membawa perubahan dalam metode pengajaran, teknologi yang digunakan, dan cara siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini adadah untukm menjelaskan pandangan umum tentang profesionalisme guru, pendidik dan era digital, menjelaskan kajian profesionalisme guru PAK di era digital, serta menjelaskan implikasi bagi guru PAK, peserta didik dan orang tua peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data analisis dokumen atau penelusuran kepustakaan dari berbagai referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun beberapa tantangan profesionalisme guru PAK sebagai pendidik di era digital yaitu, kemampuan teknologi yang memadai, mampu menyajikan materi yang menarik dan relevan, Interaksi dengan siswa melalui teknologi, keamanan dan etika dalam penggunaan teknologi, dan beradaptasi dengan perubahan. Mereka diharapkan untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan teknologi yang terus berubah. Dalam menghadapi tantangan ini, guru PAK perlu mengembangkan strategi dan pendekatan yang sesuai dengan era digital. Mereka perlu memperkuat kompetensi teknologi, mengembangkan materi yang menarik dan relevan, memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan interaksi dengan siswa, menjaga keamanan dan etika dalam penggunaan teknologi, serta siap beradaptasi dengan perubahan teknologi. Keselarasan antara guru, peserta didik, dan orang tua menjadi kunci dalam mengoptimalkan hasil pembelajaran agama Kristen di era digital yang terus berkembang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:29
Last Modified: 20 Sep 2023 04:29
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item