PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAK PESERTA DIDIK DI SMAN 2 KAIMANA PAPUA BARAT

Rita, Esma (2022) PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAK PESERTA DIDIK DI SMAN 2 KAIMANA PAPUA BARAT. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
TESIS ESMA FIX (2) Oke Oke.docx

Download (179kB)
[img] Text
Elma Rita (2022).pdf

Download (5MB)

Abstract

Dunia pendidikan merupakan suatu konteks yang signifikan dalam memberikan aspek-aspek pengetahuan dalam berbagai bidang kepada peserta didik. Proses belajar memerlukan seperangkat cara atau model untuk menerapkan pengetahuan agar tercipta pembelajaran yang efektif. Konteks ini telah berlangsung lama. Akan tetapi, dengan adanya pandemik Virus Corona (Covid-19) pada akhir tahun 2019, telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia termasuk pada sistem pendidikan di seluruh dunia. Salah satunya adalah proses pembelajaran luring (luar jaringan) atau disebut dengan tatap muka, menjadi daring (dalam jaringan) atau disebut dengan pembelajaran online. Hingga tahun 2020 sampai tahun 2021 pola pembejaran dilakukan dari rumah melalui sistem daring. Dalam konteks ini, ada kendala-kendala yang dihadapi, seperti gangguan jaringan, tidak ada signal, paket internet habis, kurangnya kemampuan untuk mengelola perangkat atau aplikasi media pembelajaran online baik guru maupun peserta didik, gangguan-gangguan sosial, psikologis, orangtua yang kurang mendukung, peserta didik tidak dapat membantu orangtua karena menghabiskan waktu menyelesaikan tugas mandiri dari sekolah, ada peserta didik yang tidak tinggal bersama orangtua, melainkan tinggal bersama wali atau keluarga dekat, beberapa peserta didik harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan pribadi dan sekolah. Hal inilah yang mendorong dilakukannya penelitian ini di SMAN 2 KAIMANA, yang sudah tiga tahun melakukan pembelajaran daring. Dari fakta yang ada, peserta didik kurang mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik karena terbatasnya jaringan internet serta media pembelajaran. Sebagian besar peserta didik berasal dari keluarga yang kurang mampu, berdomisili di daerah pedalaman yang jauh dari jangkauan internet, kemampuan menggunakan IT masih kurang, daya tangkap kurang, interaksi dalam pembelajaran kurang, dan keterbatasan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar PAK peserta didik; (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luring terhadap prestasi belajar PAK peserta didik; (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan pembelajaran luring secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAK peserta didik; dan (4) untuk mengetahui faktor yang mana yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PAK peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap prestasi belajar PAK peserta didik. Penelitian ini menghimpun beberapa aspek untuk mengetahui pengaruhnya, seperti tempat dan waktu penelitian, variabel penelitian, populasi penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian dan pengukuran, uji validitas, uji reabilitas dan teknik analisis data. Dari metode yang digunakan, didapatkan hasil sebagai berikut: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran daring terhadap prestasi belajar PAK. Hal ini diketahui dari proses pembelajaran daring (X1) yakni: Sig. 0,466 > 0,05. Dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (1. < 1,980). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran luring terhadap prestasi belajar PAK peserta didik SMAN 2 Kaimana. Hal ini dapat diketahui dari pembelajaran luring (X2) yakni: Sig. 0,445 > 0,05, dan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,767 > 1,980). Terdapat pengaruh antara proses pembelajaran daring dan pembelajaran luring berpengaruh terhadap prestasi belajar PAK. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengujian F hitung 1.253 > 3,04, dan tingkat signifikan 0,265 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:59
Last Modified: 31 Aug 2022 01:59
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item