PENGARUH PENGAJARAN DAN KETELADANAN GURU KRISTEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMPTK ARASTAMAR ARAMO KABUPATEN NIAS SELATAN

Ndruru, Fasmani (2022) PENGARUH PENGAJARAN DAN KETELADANAN GURU KRISTEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMPTK ARASTAMAR ARAMO KABUPATEN NIAS SELATAN. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
Bab 1-5 Tesis Fasmani.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini yaitu:Pertama Bagaimana pengaruh pengajaran guru terhadap keaktifan belajar siswa SMPTK Arastamar Aramo Kabupaten Nias Selatan. Kedua, Bagaimana pengaruh keteladan guru terhadap keaktifan belajar siswa SMTPK Arastamar Aramo Kabupaten Nias Selatan. Ketiga, Bagaimana Implikasinya bagi Guru SMPTK Arastamar Aramo. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: pertama, Menjelaskan dan mengkaji semaksimal mungkin tentang pengaruh pengajaran guru terhadap keaktifan belajar siswa SMPTK Arastamar Aramo Kabupaten Nias Selatan. Kedua. Menjelaskan tentang pengaruh keteladan guru terhadap keaktifan belajar siswa SMTPK Arastamar Aramo Kabupaten Nias Selatan. ketiga Menjelaskan dan memaparkan tentang Implikas dari hasil penelitian ini bagi Guru SMPTK Arastamar Aramo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang memperlihatkan hasil penemuan-penemuan yang dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur sistematika atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Adapun Hipotesis penelitian ini adalah: Pertama Terdapat pengaruh pengajaran terhadap peningkatan Keaktifan belajar siswa di Sekolah SMPTK Arastamar Aramo, Kabupaten Nias Selatan. Kedua, Terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap peningkatan Keaktifan belajar siswa di Sekolah SMPTK Arastamar Aramo, Kabupaten Nias Selatan. Ketiga Terdapat pengaruh pengajaran dan keteladanan guru terhadap peningkatan Keaktifan belajar siswa di Sekolah SMPTK Arastamar Aramo, Kabupaten Nias Selatan. Ke empat Pengajaran memiliki pengaruh dominan daripada keteladanan guru terhadap peningkatan Keaktifan belajar siswa di Sekolah SMPTK Arastamar Aramo, Kabupaten Nias Selatan. Hasil penelitian ini adalah Pertama, Pertama, pengajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pkeaktifan Belajar Siswa, yaitu semakin baik pengajaran seorang guru maka semakin baik (meningkat) keaktifan Belajar Siswa, begitupun sebaliknya. Kedua, keteladanan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa, yaitu semakin baik keaktifan belajar maka semakin baik (meningkat) Minat Belajar Siswa, begitu sebaliknya. Ketiga, pengajaran dan keteladanan guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar Siswa. Besar pengaruh simultan pengajaran dan keteladanan guru terhadap keaktifan Belajar Siswa. Keempat, besar pengaruh variabel pengajaran sebesar 37% sedangkan besar pengaruh variabel keteladanan guru sebesar 11%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pengajaran memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan variabel keteladanan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Keteladanan, Guru Kristen, Keaktifan Dan Siswa Smptk Arastamar Aramo Kabupaten Nias Selatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:54
Last Modified: 31 Aug 2022 01:54
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item