UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 6-12 TAHUN DI SDTK PNIEL RABA EGE KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA

Mesa, Verianto Kaka (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENINGKATKAN BUDAYA BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 6-12 TAHUN DI SDTK PNIEL RABA EGE KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
Verianto Kaka Mesa (2022).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Verianto K. Mesa-.docx

Download (135kB)

Abstract

Judul Penelitian Tesis di atas memperikan usaha bagaimana meningkatkan budaya dan prestesi belajar agar mencapai prestasi yang semakin maju. Pada umumnya di SDTK Pniel Raba Ege Kabupaaten Sumba Barat Daya belum terlihat peningkatan kualitas belajar yang membanggakan, maka salah satu cara yang akan ditempuh adalah membiasakan, melatih, mendorong anak usia tersebut bagaimana supaya belajar itu menyenangkan. Apabila belajar dengan menyenangkan, maka belajar itu merupakan pekerjaan yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Dalam Tesis ini terurai pengertian budaya belajar dan prestasi belajar secara panjang lebar yang diikuti dengan tehnik-tehnik perilaku bagaimana membudayakan belajar yang pada ujungnya mencapai prestasi belajar. Tehnik penelitian yang digunakan adalah kualitatif digabungkan dengan observasi penelitian selama bertahun-tahun sebagai guru dalam sekolah tersebut. Bagaimana upaya guru dalam melaksanakan tugas yang berat ini juga dipaparkan dalam Tesis ini. Demikian juga prestasi belajar apakah budaya belajar saling berkaitan dengan prestasi belajar. Dalam tesis ini dijelaskan ada kaitannya,karena di mana budaya belajar dapat ditingkatkan disana akan meningkat pula prestasi belajar. Oleh sebab iru, guru hendaknya bekerja keras mengupayakan system belajar yang displin, rajin, terukur secara lambat laun budaya belajar akan meningkat sekaligus meningkatkan prestasi belajar. Kompetensi guru-guru guru di SDTK Pniel Raba Kabupaten Sumba Barat Daya dalam mendidik, mengajar, mengasuh, pendekatan budaya dan pendekatan personal wajib dilakukan terus-menerus. Kompetensi berarti kemampuan penguasaan teori-teori dengan ketrampilan/skill melaksanakan pekerjaan itu, ditambah dengan pengalaman yang profesional. Kompetensi guru adalah yang penyerahan hidup sepenuhnya terhadap kuasa Tuhan atas panggilan dan tanggungjawabnya. Dalam penelitian Tesis ini dipaparkan bagaimana khotbah sesuai dengan Alkitabiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Budaya Belajar, dan Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 29 Aug 2022 05:37
Last Modified: 29 Aug 2022 05:37
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item