PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 6 JAKARTA

Zega, Yamototonafo (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 6 JAKARTA. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
YAMOTOTONAFO ZEGA_Fix.docx

Download (238kB)
[img] Text
Yamototonafo Zega (2022).pdf

Download (4MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Pertama, Apakah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap minat belajar PAKBP SMA Negeri 6 Jakarta? Kedua, Apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap minat belajar PAKBP SMA Negeri 6 Jakarta? Ketiga, Apakah terdapat pengaruh model discovery learning dan problem based learning terhadap minat belajar PAKBP SMA Negeri 6 Jakarta? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tiga hal yaitu: Pertama, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model discovery learning terhadap minat belajar PAKBP SMA Negeri 6 Jakarta? Kedua, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model problem based learning terhadap minat belajar PAKBP SMA Negeri 6 Jakarta? Ketiga, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh secara bersama sama model discovery learning dan problem based learning terhadap minat belajar PAKBP SMA Negeri 6 Jakarta? Berdasarkan hasil yang ditemukan atau diperoleh dalam penelitian ini, maka peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut: bab I menyimpulkan dan membuktikan beberapa masalah yang dihadapi oleh guru dan peserta didik saat melakukan proses belajar mengajar di kelas. Bab II melalui kajian teoritis, peneliti menguraikan pengertian dan jenis-jenis model pembelajaran. Selain itu, peneliti menyimpulkan model pembelajaran yang ditemukan dan diterapkan oleh para ahli maupun pemerhati pendidikan serta cara-cara pelaksananaanya. Peneliti juga menggali dan menemukan beberapa model pembelajaran yang diciptakan dan diterapkan oleh Tuhan Yesus di dalam Alkitab. Bab III peneliti melakukan penelitian lapangan berupa mengedarkan kuisioner kepada peserta didik beragama Kristen di SMA Negeri 6 Jakarta. Bab IV membahas, mengolah dan menguji setiap data yang yang didapatkan dari responden. Dalam pembahasan ini peneliti simpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning dan problem based learning secara positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik PAKBP SMA Negri 6 Jakarta. Hipotesis penelitian ini adalah bila guru dapat menerapkan model discovery learning dan problem based learning dengan baik dan benar, maka dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan baik. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang perlu direkomendasikan adalah agar setiap guru dapat menciptakan dan menerapkan model pembelajaran dengan baik, kreatif dan menyenangkan agar peserta didik lebih tertarik pada materi yang diajarkan oleh guru. Peserta didik juga diharapkan agar lebih mandiri dan berinisiatif mencari dan menemukan sendiri berbagai informasi dan data kemudian diolah tanpa tergantung kepada guru. Dengan demikian maka akan menghasilkan generasi yang berkualitas, inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 29 Aug 2022 05:26
Last Modified: 29 Aug 2022 05:26
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item