Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif Menyenangkan (PAKEM) dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Di STT Hagiasmos Mission Jakarta

Gulo, Pengalaman (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif Menyenangkan (PAKEM) dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Di STT Hagiasmos Mission Jakarta. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.

[img] Text
REVISI TESIS PENGALAMAN GULO-1.docx

Download (260kB)
[img] Text
Pengalaman Gulo (2022).pdf

Download (4MB)

Abstract

Model belajar tidak dapat terlepas dengan kegiatan belajar mahasiswa. Model PAKEM menjadi model yang tepat dalam penyampaian materi. Model PAKEM memberikan dampak bagi peningkatan produk mahasiswa. Model PAKEM dapat menciptakan kondisi kelas yang menarik. Motivasi berarti tekad atau ambisi setiap orang. Motivasi juga mempengaruhi peningkatan hasil belajar mahasiswa. Hal ini membuat setiap dosen memotivasi mahasiswa untuk belajar keras. Dosen sebagai faktor luar yang dapat membuat mahasiswa memaksimalkan kemampuan untuk belajar. Penerapan model pembelajaran PAKEM dan tekad belajar yang dilakukan bersamaan dapat memberikan dampak baik bagi peningkatan nilai belajar mahasiswa. Penilaian hasil belajar merupakan nilai akhir yang diperoleh oleh mahasiswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Sesudah melakukan pengujian maka didapatkan korelasi antara model PAKEM dan hasil belajar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa adalah 0,858 dan masuk golongan sangat valid (kuat). Pengujian pengaruh variabel penerapan model PAKEM terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa memberikan kontribusi senilai 39,4%. Untuk pengujian regresi variabel motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa memberikan kontribusi senilai 71,7%. Berdasarkan uji regresi secara bersamaan senilai 0,730 atau 73% yang berarti penerapan model PAKEM dan motivasi belajar memberikan distribusi atau pengaruh sebesar 73% terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa di STT Hagiasmos Mission Jakarta. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PAKEM dan motivasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa di STT Hagiasmos Mission Jakarta. Namun ini bukanlah acuan satu-satunya karena masih ada faktor-faktor lain yang dapat peningkatan nilai belajar mahasiswa di STT Hagiasmos Mission Jakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode, PAKEM, Tekad, Nilai Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:41
Last Modified: 26 Aug 2022 04:41
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item