PERAN GURU PAK DALAM MEMBERIKAN EDUKASI PERNIKAHAN KEPADA KELUARGA KRISTEN

Kalmalani, Karel (2022) PERAN GURU PAK DALAM MEMBERIKAN EDUKASI PERNIKAHAN KEPADA KELUARGA KRISTEN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
KAREL SKRIPSI.docx

Download (205kB)
[img] Text
Karel Kalmalani_0001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari masalah ini disebabkan adanya guru yang belum mampu memahami dalam pembentukan pernikahan yang benar. Di samping itu guru hanya menyampaikan materi pelajaran secara umum saja saat mengisi pengajaran kepada nara didik di sekolah. Seyogianya guru PAK sangat beperan besar dalam bidang apa saja termasuk memberikan pengajaran Alkitab kepada setiap jemaat dan pasangan laki-laki dan perempuan sebelum dan sesudah melaksanakan pernikahan melalui pastoral. Maka dengan latar belakang masalah ini diharapkan kepada setiap guru PAK bisa dapat memberikan pengajaran tidak sebatas sekolah saja melainkan kaum muda yang hendak melaksanakan pernikahan yang sesuai dengan pengajaran iman Kristen. Dalam hal ini keteladanan guru PAK mampu membentuk jemaat dalam persekutuan pastoral secara sengaja atau tidak sengaja. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana gambaran umum tentang peran guru PAK dalam memberikan edukasi pernikahan kepada keluarga Kristen. Kedua, peran guru PAK dalam memberikan edukasi pernikahan kepada keluarga Kristen. Ketiga, implikasi bagi guru PAK masa kini. Penelitian dapat dilakukan untuk dapat mencapai tujuan-tujuan dalam Skripsi ini sebagai berikut: Pertama, bagaimana guru PAK memberikan pengajaran dan syarat-syarat melakukan pernikahan Kristen dalam hal pembentukan kerohanian dalam pasangan pranikah. Kedua, guru PAK memberikan pengajaran tentang pernikahan menurut pengajaran Alkitabiah untuk setiap pasangan saling setia dan menjaga dalam menjalani tanggung jawab sebagai suami istri yang takut Tuhan. Ketiga untuk dapat mengetahui bagaimana implikasinya bagi guru PAK yang digunakan dalam pengumpulan dan menyusun skripsi ini mengunakan kualitatif literature (murni). Adapun hipotesis penelitian adalah jika guru PAK dapat memahami yang secara tepat dalam mengatasi dalam pembentukan perilaku kerohanian menumbuhkan iman pasangan pranikah maka pranikah dapat memiliki perilaku yang baik dan hasil yang diperoleh dalam pembentukan pranikah laki-laki dan perempuan lebih baik dalam kehidupan yang secara utuh menjadi dirinya yang bermakna dan mempunyai perilaku yang baik antara istri terhadap suami dan suami terhadap istri. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang direkomendasikan yakni diharapkan bagi setiap guru PAK supaya memiliki pengajaran yang tepat serta dapat menjadi contoh dan teladan dalam mengajar pasangan calon pranikah melalui konseling agar lebih baik kehidupan mereka untuk memuji dan memuliakan Tuhan serta menjadi berkat dimanapun.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:14
Last Modified: 16 Aug 2022 08:14
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item View Item