IMPLEMENTASI KETELADANAN YESUS BAGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 7-12 TAHUN

Babis, Debi Yulita (2022) IMPLEMENTASI KETELADANAN YESUS BAGI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 7-12 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
DEBBI YULITA BABIS.docx

Download (116kB)
[img] Text
Debi Yulita Babis_0001.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal universal yang dilakukan oleh semua orang, karena didalamnya terdapat pembelajaran pengetahuan yang didapati secara turun temurun dan dilaksanakan untuk mencerdaskan dan mendewasakan sikap setiap orang maupun kelompok melalui berbagai cara. Dalam dunia Pendidikan dibutuhkan keteladanan baik dari orang tua, guru maupun lingkungan sekitar. Keluarga memiliki pengaruh yang besar dalam tahap awal pembentukan karakter seorang anak, untuk itulah sebagai keluarga Kristen orang tua wajib menunjukkan teladan seperti yang telah diajarkan oleh Tuhan Yesus. Pembentukan kerohanian yang baik pada anak sejak dini akan menghasilkan generasi Kristen yang memiliki karakter seperti Kristus. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka dapat dirumuskan masalah penelitian yakni pertama, bagaimana gambaran umum tentang keteladanan Yesus? kedua, apa penyebab kurangnya penerapan keteladanan Yesus pada anak usia 7-12 tahun? ketiga, bagaimana implikasinya bagi anak usia 7-12 tahun? Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library research), dengan mengadakan penelitian literatur sebagai sumber penelitian. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah jika keluarga Kristen dan guru PAK memahami Keteladanan Yesus dengan baik, maka mereka akan menerapkan dan mendidik anak sejak awal sesuai dengan keteladanan yang ditunjukkan oleh Yesus dalam sikap, perkataan dan perbuatan. Sebagai orang tua maupun guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) hendaknya memposisikan diri untuk menjadi bagian dari anak-anak dalam membangun hubungan yang baik agar tercipta relasi dan kepercayaan dari anak-anak, serta terciptanya kenyamanan antara orang tua dan anak juga guru dan anak didiknya. Sebagai pendidik pertama di rumah (orang tua) dan pendidik ke dua di sekolah (guru) perlu belajar lebih dalam tentang keteladanan Yesus agar dapat menerapkannya bagi anak-anak.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Uncontrolled Keywords: Keteladanan, Pendidikan, Karakter, Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:50
Last Modified: 09 Aug 2022 03:50
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item