POLA PELAYANAN YESUS SEBAGAI SAHABAT SEJATI BAGI ANAK-ANAK BERDASARKAN INJIL SINOPTIK DAN IMPLIKASINYA BAGI GURU PAK

Obes, Yumince (2020) POLA PELAYANAN YESUS SEBAGAI SAHABAT SEJATI BAGI ANAK-ANAK BERDASARKAN INJIL SINOPTIK DAN IMPLIKASINYA BAGI GURU PAK. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
Yumince Obes.docx

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini menunjukan adanya pola pelayanan Yesus Kristus sebagai sahabat sejati bagi anak-anak berdasarkan Injil Sinoptik dan implikasinya bagi guru PAK. Latar belakang masalah dari penelitian ini disebabkan adanya indikasi bahwa sebagian guru PAK kurang memahami dan belum menerapkan pola pelayanan Yesus sebagai sahabat sejati bagi anak-anak sehingga masih adanya perbedaan diantara anak-anak didik atau pilih kasih dalam proses belajar mengajar atau dengan kata lain keutamaan Kristus tidak ada dalam dirinnya sementara ia mengemban profesi sebagai seorang guru PAK. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: pertama, bagaimana gambaran umum tentang sahabat dan Injil Sinoptik (penulis menjelaskan mengenai latar belakang, kelebihan dan kekurangan, Injil Sinoptik). Kedua, bagaimana Yesus Kristus adalah sahabat bagi anak-anak berdasarkan Injil Sinoptik (penulis menuliskan bagaimana Yesus mendekati serta menjadi sahabat bagi anak-anak berdasarkan Injil Sinoptik). Ketiga, dari isi dan pokok permasalakan yang dijabarkan, penulis ingin mengimplikasikannya bagi guru PAK. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan sebagai berikut: pertama, untuk menjelaskan bagaimana gambaran umum tentang sahabat dan Injil Sinoptik. Kedua, untuk menjelasan bagaimana pola pelayanan Yesus sebagai sahabat sejati bagi anak-anak berdasarkan Injil Sinoptik. Ketiga, untuk menjelaskan bagaimana implikasinya bagi guru PAK. Metode penelitian yang dipakai dalam penyusunan skripsi ini menggunakan penelitian perpustakaan (Library research) dengan mengadakan studi terhadap literatur yang sistematis sesuai dengan penelitian yang dibahas serta sumber yang diperoleh dari Alkitab dan buku-buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penting bagi guru PAK yang mengemban tanggung jawab dalam membimbing, mendidik, mengarahkan dan mengajar untuk belajar dari Yesus sebagai Guru sejati. Guru PAK hendaknya menerapkan pola pelayanan Yesus sebagai sahabat sejati sehingga ia dapat menjalin relasi yang baik dengan anak didiknya sebagaimana Yesus menjalin relasi yang baik serta menjadi bagian dari anak-anak dan menjadi sahabat dengan anak-anak berdasarkan Injil Sinoptik. Adapun hipotesis penelitian adalah jika Guru PAK memahami pola pelayanan Yesus bagi anak-anak dan makna persahabatan dengan baik maka ia akan menerapkan dan mengajarkannnya dengan benar kepada anak-anak yang di didiknya. Hasil penelitiannya adalah guru mengerti dan memahami panggilannya bahwa menjadi seorang guru PAK adalah sebuah panggilan yang mulia oleh Allah, artinnya diberi kesempatan untuk mengajar dan memberitakan Firman Tuhan. Seyogianya apabila seorang guru PAK khususnya pelayan anak-anak memposisikan dirinya menjadi bagian dari anak-anak maka perlu membangun relasi yang baik dengan anak-anak sehingga dengan adanya kepercayaan yang dibangun akan tercipta kenyaman antara anak dan guru. Dengan memposisikan anak didik menjadi sahabat maka guru dapat memahami karakter mereka serta lebih mudah memahami setiap kekurangan dan kelebihan mereka. Guru PAK perlu belajar dari Yesus sebagai teladan sahabat sejati bagi anak-anak agar guru pun dapat menjadi sahabat bagi anak-anak, namun tidaklah cukup jika guru PAK hanya menjadi teladan tetapi juga menjadi sahabat bagi anak didiknya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:56
Last Modified: 18 Mar 2022 07:56
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item