MODEL BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN MORAL PESERTA DIDIK USIA 15-17 TAHUN

Lae, Yasni Hellen (2020) MODEL BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN MORAL PESERTA DIDIK USIA 15-17 TAHUN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
Yasni Lae.docx

Download (156kB)

Abstract

Model bimbingan guru Pendidikan Agama kristen, menolong peserta didik dalam pembentukan moral. Pentingnya pembentukan moral kepada peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai-nilai moral dan tata cara kehidupan yang baik sehingga perilaku peserta didik menghasilkan moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Guru Agama Kristen mengajarkan peserta didik (remaja) menyerahkan kehidupannya kedalam tangan Tuhan dan mengajarkan serta menamkan kepada peserta didik untuk seelalu membangun persekutuan dengan Tuhan agar anak dapat bertumbuh secara Rohani. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: 1) Menjelaskan mengenai gambaran model bimbingan guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan moral peserta dididk usia 15-17 tahun. 2) Menjelaskan model bimbingan guru pendidikan agama kristen dalam pembentukan moral peserta didik usia 15-17 tahun. 3) Menjelaskan aplikasi bagi guru PAK. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusun skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (librari reseach). Alasannya, dengan mengumpulkan teori-teori para ahli dan dapat menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil yang diperoleh atau ditemukan dalam penilitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: model bimbingan dalam pembentukan moral merupakan suatu hal yang perlu di lakukan, agar moral peserta didik (remaja) dapat terbentuk dengan baik. Guru PAK juga dituntut untuk menjadi teladan yang bik, sehingga peserta didik dapat mengikuti gaya guru PAK. Adapun hipotesis penelitian ini adalah: jika guru PAK menerapkan model bimbingan yang tepat, maka pembentukan moral peserta didiknusia 15-17 tahun akan terbentuk dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, model bimbingan guru PAK sangat penting tidak hanya guru PAK mengajar didepan kelas tetapi guru PAK juga membimbing peserta didik dalam pembentukan moral mereka, sehingga menjadi peserta didik yang baik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:34
Last Modified: 18 Mar 2022 07:34
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item