ANALISIS GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Sitokkonni, Romiati Lewi (2020) ANALISIS GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
Romyati Lewi Sitokonan.docx

Download (173kB)

Abstract

Perkembangan di era globalisasi saat ini dipacu oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat dan maju. Perkembangan teknologi sangat memberi dampak bagi kehidupan manusia baik itu secara individu, maupun kelompok. Berbagai macam kemajuan teknologi tersebut dapat memudahkan manusia untuk menunjukkan eksistensinya. Salah satu fakta dari perkembangan teknologi tersebut maka muncullah game online. Game online ini menjadi hobby baru bagi kalangan manusia pencinta elektronik di dunia maya dalam segala kalangan. Game online ini memiliki daya tarik tersendiri yang mengakibatkan para pelajar sekarang lebih banyak memilih bermain game online di smartphone dan menghabiskan waktu mereka di depan komputer dari pada belajar dan membaca buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganilisis dampak game online bagi motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur, membaca buku-buku dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan topik pembahasan dalam skripsi ini. Kemudian dipadukan dengan studi lapangan, penulis mengadakan wawancara dengan guru, orangtua dan siswa. Hasil yang didapatkan bahwa, setiap siswa perlu memahami tentang permainan game online. Siswa mesti lebih mengutamakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan siswa harus memahami manfaat bermain game online dengan dirinya sendiri. Sebagai kesimpulan penelitian ini bahwa, Permainan game online dapat dilakukan bagi para siswa asal tidak mengganggu waktu belajar mereka, baik dirumah maupun di sekolah. Permainan game online memiliki dampak postif dan negatif bagi para siswa, oleh sebab itu perlu untuk tetap waspada ketika ingin bermain game online. Berdasarkan analisis terhadap game online terhadap motivasi belajar siswa, adalah suatu hal yang wajar dan tidak berlebihan, hanya saja jika tidak digunakan pada tempatnya maka hal itu akan berakibat tidak baik, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:11
Last Modified: 18 Mar 2022 07:11
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item