PENGARUH KETELADANAN GURU PAK TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA SD

Talan, Massry (2020) PENGARUH KETELADANAN GURU PAK TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA SD. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
MASSRY TALAN.docx

Download (157kB)

Abstract

Keteladanan seorang guru PAK adalah salah satu cermin atau sikap yang perlu diteladani dan dicontohi. Dengan adanya keteladanan yang dimiliki oleh guru PAK dapat berdampak positif terhadap perkembangan kepribadian siswa. Guru adalah alat Tuhan yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengajar, memberikan ilmu pengetahuan, serta informasi bagi peserta didik guna memberikan suatu perubahan sikap dan cara berpikir peserta didik agar berhasil dalam pendidikan yang bermutu, serta mempunyai kepribadian yang baik. Pada kenyataannya, kecenderungan guru PAK kurang menjadi teladan bagi peserta didik baik dalam hal berpakaian, sikap, tingkah laku sehingga tidak menjadi contoh dan teladan yang baik dan akhirnya tidak menjadi berkat bagi peserta didiknya dalam mengajar. Sikap dan tingkah laku guru yang tidak menjadi teladan akan berpengaruh dan berdampak bagi peserta didik, sehingga siswa kurang menghargai guru serta teman-temannya. Setiap guru PAK perlu memahami dan mengerti arti kehidupannya, bahwa guru adalah sosok yang perlu diteladani. Guru PAK memiliki sifat teladan dalam hidupnya agar mampu membawa perubahan dalam kehidupan peserta didik. Dengan tanggung jawab yang dimiliki, maka guru akan menjalankan tugasnya dalam mendidik peserta didik sehingga menjadikan pribadi siswa SD lebih baik. Adanya penulisan skripsi ini diharapkan agar setiap guru memiliki sikap teladan dalam hidupnya baik dilingkungan sekolah mapun lingkungan masyarakat. Guru PAK juga diharapkan memiliki sikap rohani yang baik dan patut dicontoh. Artinya guru PAK dapat menerima dan melakukan tugas serta tanggung jawabnya dengan takut akan Tuhan lewat penyerahan diri agar hidupnya dipimpin seturut kehendak Tuhan. Kiranya dengan adanya keteladanan guru PAK dapat memberikan solusi, bagi perkembangan kepribadian siswa sekolah dasar (SD) dalam berperilaku yang baik sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:44
Last Modified: 17 Mar 2022 06:44
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item