KOLABORASI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DIDIK DI BONENGGAYA – SULAWESI TENGAH

Kebo, Esau (2020) KOLABORASI GURU PAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DIDIK DI BONENGGAYA – SULAWESI TENGAH. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
Esau Kebo.docx

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini menunjukkan adanya kolaborasi guru PAK dalam meningkatkan minat belajar bagi anak-anak didik di Bonenggaya – Sulawesi Tengah. Latar belakang masalah dari penelitian ini disebabkan adanya indikasi bahwa perkembangan pendidikan di wilayah tertinggal belum maksimal, secara khusus di Bonenggaya sehingga perlu adanya upaya guru PAK dalam meningkatkan minat belajar bagi akan-anak didik. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: pertama, bagaimana perkembangan pendidikan di wilayah tertinggal secara khusus di Bonenggaya. Kedua, bagaimana membangun pola kolaboratif internal dan eksternal dalam pelayanan misi di bonenggaya secara khusus pada pendidikan bagi anak-anak. Ketiga, bagaimana perhatian gereja dan pemerintah setempat bagi pelayanan misi Bonenggaya. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan sebagai berikut: pertama, menyadarkan kembali guru-guru yang memiliki panggilan misi dan juga guru PAK agar menjangkau pendidikan di daerah terpencil suku terabaikan. Kedua, menyadarkan orang tua tentang pentingnya motivasi bagi anak-anak. Ketiga, menyadarkan kembali kepada gereja-gerja lokal maupun gereja misi serta pemerintah agar menjadi patner dalam mendukung pendidikan dan memenuhi finansial didaerah terpencil suku terabaikan “arti Amanat Agung”. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah rancangan metode campuran (Mixed Methodes Desing). Metode campuaran adalah prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mencampur data kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian multifase, serta sumber yang diperoleh dari Alkitab dan buku-buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penting bagi guru PAK yang mengemban tanggung jawab dalam membimbing, mendidik, mengarahkan dan mengajar untuk belajar dari Yesus sebagai Guru sejati. Guru PAK hendaknya membangun relasi serta mampu bekerjasama dengan lembaga misi lainnya demi terealisasinya pendidikan dgn baik. Adapun hipotesis penelitian adalah jika kolaborasi guru PAK diterapkan secara maksimal, maka pendidikan terhadap anak-anak di Boneggaya dapat lebih cepat memperoleh kemajuan. Hasil penelitiannya adalah guru mengerti dan memahami panggilannya bahwa menjadi seorang guru PAK adalah sebuah panggilan yang mulia oleh Allah, artinnya diberi kesempatan untuk mengajar dan memberitakan Firman Tuhan atau dengan stilah lain yaitu sebagai guru Injil. Seyogianya apabila seorang guru PAK mampu berkolaborasi secara maksimal dengan rekan-rekan guru atau hamba Tuhan, juga lembaga-lembaga misi lainnya serta membangun rasa ingin memiliki dalam dirinya maka akan terjadinya suatu relasi yang baik dengan orang-orang yang ada disekelilingnya, khususnya dengan anak-anak didiknya sehingga ia layak disebut guru profesional yang mampu bersinergi dengan baik dalam memajukan pendidikan di daerah pedalaman, khususnya di bonenggaya. Sebagai seorang guru PAK perlu belajar dari Yesus sebagai Guru Agung, Guru Sejati.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Guru Pak, Minat Belajar, Anak Didik Bonenggaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Sekolah Tinggi Teologi Injil Arastamar > Prodi Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:22
Last Modified: 04 Oct 2023 07:22
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item