Silaban, Elprida (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAK (PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN) DI SEKOLAH SMA KASIH BAGI BANGSA. Masters thesis, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.
Text
Repository Elprida Silaban, M.Pd..docx Download (118kB) |
Abstract
ABSTRAK Konsep pendidikan karakter sangat cocok diterapkan dalam pendidikan formal (sekolah), karena pendidikan karakter menanamkan nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Penanaman nilai karakter dalam diri peserta didik bisa dilakukan salah satunya melalui pembelajaran, karena Pada dasarnya kegiatan pembelajaran, selain untuk menjadikan peserta didik menguasai kompetensi (materi) yang ditargetkan, juga dirancang untuk menjadikan peserta didik mengenal, menyadari atau peduli, menginternalisasi nilai-nilai, dan menjadikannya perilaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemenasi PAKEM berbasis pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAK di SMA Kasih Bagi Bangsa sudah dilaksanakan secara optimal, hal ini dapat dilihat pada: 1) pelaksanaan PAKEM berbasis pendidikan karakter di SMA Kasih Bagi Bangsa, dalam pelaksanaannya menggunakan beberapa model, diantaranya adalah: (a) kontekstual, (b) bermain peran, (c) belajar tuntas, (d) partisipasis, sedangkan langkah-langkah pelaksanaan PAKEM, antara lain perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. disini penulis tidak menemukan permasalahan yang begitu signifikan, karena di sekolah didukung fasilitas yang memadai untuk menunjang dalam pembelajaran PAK. 2) nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran PAK di SMA Kasih Bagi Bangsa melalui pembelajaran kontekstual antara lain: berpikir logis, mandiri, kerja keras, bekerja sama, kritis, percaya diri, kreatif, berpikir logis, saling menghargai, memahami kelebihan dan kekurangan, 3) Upaya guru PAK dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAK melalui PAKEM berbasis pendidikan karakter. Dalam hal ini mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi PAKEM berbasis Pendidikan karakter. Di sini kendalanya hanya bersifat nonteknis sehingga tidak terlalu siginifikan mempengaruhi dalam upaya guru PAK dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAK melalui PAKEM berbasis pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktif, kreatif, inovatif. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Tesis Master > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 04:28 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 04:28 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |