TINJAUAN DESKRIPTIF TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBINA KEROHANIAN ORANG USIA LANJUT

Tande Maure, Okto Saul (2018) TINJAUAN DESKRIPTIF TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBINA KEROHANIAN ORANG USIA LANJUT. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
BAB I-5 ok.docx

Download (96kB)
[img] Text
Kristin Natalia.docx

Download (54kB)

Abstract

Maure, Okto Saul Tande 2018, SUATU TINJAUAN DESKRIPTIF TERHADAP PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBINA KEROHANIAN ORANG USIA LANJUT, Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, Skripsi S.Pd.K. halaman 67 Meningkatnya perkembangan zaman saat ini, memberikan pengaruh yang sangat besar kepada sebagian besar manusia dan juga orang percaya. Perkembangan tersebut dapat memberikan manfaat yang positif, misalnya dalam melakukan pembinaan rohani dapat mempermudah Pembina dalam mencari bahan-bahan yang diperlukan dalam waktu yang cepat, pembinaan dengan menggunakan video contohnya kesaksian dll. Akan tetapi disisi yang lainnya dapat memberikan dampak negatif, karena orang-orang akan cenderung mementingkan diri sendiri dan mengabaikan orang lain yang ada di sekitar mereka, hal ini juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan iman jemaat, secara khususnya orang-orang yang telah memasuki usia lanjut, disisi yang lainnya juga mereka mengalami kemerosotan fisik. Tentu melalui hal tersebut menuntut semua pihak untuk menolong dan membantu hidup mereka. Guru PAK yang memiliki panggilan untuk melayani memiliki peranan yang sangat penting perlu menyadari masalah tersebut dan juga dapat mendorong gereja-gereja untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan rohani orang usia lanjut, sehingga kehidupan rohani mereka tidak mengalami krisis tetapi tetap stabil bahkan mengalami peningkatan kearah kesempurnaan. Penulis mengkaji hasil karya ilmiah ini berdasaran fokus pada rumusan masalah: Pertama, menjelaskan tentang kajian teoritis pembinaan kerohanian, Guru Pendidikan Agama Kristen dan orang usia lanjut. Kedua, menjelaskan peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dalam membina kerohanian orang usia lanjut. Ketiga, untuk menjelaskan apa saja yang menjadi implikasi bagu Guru Pendikan agama Kristen dalam membina kerohania orang usia lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Kerohanian Orang Usia Lanjut Kristen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif atau naratif (library research) artinya sumber-sumber umum yang dipakai dalam penelitian ini, berasal dari perpustakan STT SETIA Jakarta dan juga perpustakaan Nasional. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pembinaan rohani merupakan suatu hal yang sangat penting yang perlu dilakukan oleh setiap organ-organ gereja termasuk guru PAK itu sendiri. Pembinaan rohani perlu dilakukan karena merupakan salah satu tri tugas gereja yaitu melayani (Diakonia) dan juga menjadi bagian dari amanat Agung yang Tuhan berikan dalam Matius 28:19-20 bahwa “karena itu PERGILAH, JADIKANLAH semua bangsa murid-Ku dan BAPTISLAH mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan AJARLAH mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. Pembinaan rohani bagi orang usia lanjut dapat menghasilkan iman yang teguh apabila guru Pendidikan Agama Kristen yang terpanggil melayani dan juga gereja menyadari pentingnya pelayanan kepada orang usia lanjut serta mendasari pembinaan itu dengan Firman Tuhan, memiliki kesabaran, kerendahat hati, komitmen dan juga dapat menjadi teladan hidup. Jumlah kata : 408 kata Pembimbing I : Mortan Sibarani, MM, M.Pd.K, Pembimbing II : Tony Salurante, M.Pd.K, M.A

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:36
Last Modified: 24 Sep 2021 05:07
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item