Suryani, Ratih (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMAN 2 TUMIJAJAR - LAMPUNG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)
Text
BAB I- bab 5.docx Download (144kB) |
Abstract
Suryani, Ratih 2018, Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Belajar Pendidikan Agama Kristen di SMAN 2 Tumijajar-Lampung. Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) Jakarta. Skripsi S.Pd., Halaman 71. Belajar merupakan proses menuju perubahan ke arah positif. Dalam praktiknya tidak dapat dipungkiri terdapat kesulitan yang dapat menghambat peserta didik mengembangkan dirinya sehingga minat dalam belajar berkurang. Dalam hal ini, peran pendidik diperlukan untuk memberikan rangsangan dalam pembelajaran, agar peserta didik dapat belajar dengan maksimal. Adapun salah satu cara yang dapat digunakan untuk menolong peserta didik ialah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini, penulis merekomendasikan model pembelajaran CTL sebagai acuan dalam belajar. Berdasarkan hal tersebut, dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Theaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan minat peserta didik belajar PAK di SMAN 2 Tumijajar-Lampung? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Theaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan minat peserta didik belajar PAK di SMAN 2 Tumijajar-Lampung. Pengumpulan data dan penyusunan skripsi ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan teknik meninjau secara langsung tempat penelitian (survei), pengamatan (observasi), wawancara dengan seorang guru dan pembagian kuisioner/angket kepada 22 peserta didik dengan alasan pemilihan metode ini karena proses perlu juga dipentingkan dan penelitian akan menjadi lebih jelas, jika proses itu lebih diamati. Hipotesis yang dikemukakan pada bab I yaitu: “Jika model pembelajaran CTL dapat diterapkan dengan baik, maka dapat dipastikan minat peserta didik dalam belajar PAK akan meningkat.” Hasil dari penelitian ini dapat diketahui melalui persentase berikut: Dari 68,18% responden menganggap model pembelajaran CTL cocok diterapkan karena mendorong mereka aktif dalam belajar, 63,64% responden merasa sangat senang belajar dengan metode ini bahkan 95,5% peserta didik semakin semangat belajar ketika guru menerapkan model pembelajaran CTL dengan alasan pembelajaran menjadi menyenangkan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan minat peserta didik belajar PAK. Hasil penelitian tersebut kiranya mendorong pendidik untuk mempertahankan bahkan lebih meningkatkan minat peserta didik dalam belajar PAK, adapun upaya yang perlu antara lain: Pertama, pendidik perlu mengikuti pelatihan CTL guna menambah dan memperluas wawasan mengenai CTL. Kedua, pendidik perlu mengupayakan belajar dengan kelas bebas seperti di luar kelas, mengadakan retret agar peserta didik dapat lebih rileks serta terdorong untuk lebih semangat belajar. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran yang direkomendasikan ialah Penerapan model pembelajaran CTL ternyata dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar PAK. Hendaknya, situasi seperti ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Selanjutnya, guru PAK hendaknya tidak terpaku pada aktivitas di kelas namun dengan kreatif memikirkan lokasi lain demi tercapaianya tujuan belajar yang maksimal. Jumlah kata : 387 kata Dosen Pembimbing 1 : Dr. Dyulius Thomas Bilo, M.Th. Dosen Pembimbing II : Tony Salurante, M.Pd.K., MA.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 04:26 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 04:26 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/239 |
Actions (login required)
View Item |