PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) YANG INSPIRATIF DALAM MENUNTUN SISWA KEPADA PERUBAHAN KARAKTER

Lumampak, Djeine Adriani (2011) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) YANG INSPIRATIF DALAM MENUNTUN SISWA KEPADA PERUBAHAN KARAKTER. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
Djeine Adriani Lumampak SIAPP.pdf

Download (245kB)

Abstract

Dengan melihat fenomena guru dalam dunia pendidikan, sekalian guru yang ada hanya sebagaian kecil guru yang mampu mempengauhi dan mengubah jalan hidup para siswanya unntuk menjadi lebih baik. Guru semacam ini disebut sebagai guru inspiratif. Tidak hanya sebatas mengajar untuk memenuhi tuntutan kurikulum, tetapi juga memiliki orientasi yang lebih luas bagaimana siswanya menjalani hidup selanjutnya setelah siswa menyelesaikan masa studinya. Guru ispiratif mampu mengubah kehidupan para siswanya, mampu menghadirkan perubahan dan perbaikan dalam sistem pembelajran serta mampu melahirkan para siswa dengan kualitas yang menggembiarakan. Tetapi menjadi guru inspiratif tidak mudah, harus didukung oleh beberapa faktor, anatara lain ada komitmen, cinta, dan visi, juga harus memiliki spirit inspiratif yang memberinya semangat untuk melakukan tanggung jawabnya sebagai pendidik dengan setia. Guru PAK yang inspiratif harus menyadari bahwa mengajar adalah panggilan suci yang diamanatkan oleh guru Agung Tuhan Yesus Kristus, maka tugas mengajar bukan suatu keterpaksaan tapi seorang guru PAK harus sungguh-sungguh memiliki hati yang terbeban bagi perubahan karakter siswanya. Dengan disertai oleh rasa cinta kepada Allah dan sesama, guru PAK akan menjalankan tugas mengajarnya dengan penuh tanggung jawab kepada Tuhan sebagai guru yang berhasil. Karya ilmiah ini disusun untuk menjelaskan “peranan guru PAK yang inspiratif dalam menuntun siswa kepada perubahan karakter” dengan menggunakan metode kepustakaan analisis. Obyek tulisan ini adalah memberikan suatu pemahaman mengenai peranan guru PAK yang ispiratif dalam menuntun siswa kepada perubahan karakter, dengan langkah-langkah sebagai berikut: pertama, pengertian guru yang inspiratif, kedua, peranan guru PAK yang inspiratif, ketiga, aplikasinya bagi guru PAK, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman guru PAK, tentang pentingnya peranan guru PAK yang Inspiratif dalam menuntun siswa kepada perubahan karakter. Penulisan skripsi ini penting karena memberi manfaat dan kontribusi bagi sekolah sebagai lemabga pendidikan yang memberikan pengajaran kepada peserta didik serta menolong dan memperlengkapi penulis dalam pelayanan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 21 Jan 2021 12:04
Last Modified: 21 Jan 2021 12:04
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item