PENGARUH PENGUASAAN PSIKILOGI PENDIDIKAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA NEGERI 1 PAGAI UTARA SELATAN MENTAWAI SIKAKAP

Saleleubaja, Asmir (2014) PENGARUH PENGUASAAN PSIKILOGI PENDIDIKAN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMA NEGERI 1 PAGAI UTARA SELATAN MENTAWAI SIKAKAP. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Unpublished)

[img] Text
Asmir Saleleubaja.pdf

Download (486kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penuasaan Psikilogi Pendidikan Dan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Psikologi pendidikan dan pendidikan Agama Kristen adalah dua hal yang sangat penting dan tidak dipisahkan dalam dunia pendidikan. Sehingga penting bagi setiap guru untuk memiliki ilmu spikologi, baik guru secara umjum terlebih guru Pendidikan Agama Kristen. Psikologi Pendidikan perlu dipelajarai oleh guru pendidikan agama Kristen guna untuk memahami setiap tingkah laku peserta didik yang berbeda-beda, baik dari segi mental, fisik, moral, sosial dan tingkat rohani. Demi belajarnya proses pembelajaran sesuai harapan guru maka hal yang paling penting adalah melakukan pendekatan kepada peserta didik. Di antara tangung jawab guru adalah membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik dan berprestasi. Peserta didik yang mengalami permasalahn dalam belajar menjadi tugas bagi guru untuk menyelesaikannya. Disinilah tugas urgensi guru dalam menguasai olmu psikologi pendidikan, yakni pandai menerapkan prinsip dan pengetahuan psikologi untuk membantu peserta didik yang memiliki karakteristik yang berbeda untuk memperoleh pengalaman belajar yang baik dan maksimal dalam membangun kepribadian di dalam Tuhan, dan kedewasaan dalam iman. Jika psikologi pendidikan ini dipelajari dengan baik dan benar, maka proses pembelajaran pun dapat dilaksanakan dalam suasana tenang. Ilmu psikologi pendidikan merupakan salah satu kunci pemecah persoalan atau disebut sebagai pusat pengetahuan psikologi di bidang pendidikan terlebih dalam proses Pendidikan Agama Kristen untuk memacu minat belajar peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran agama Kristen yang disajikan oleh guru sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Dengan demikian, harapan penulis kiranya skripsi ini dapat menolong dan bermanfaat bagi setiap pembaca terlebih guru pendidikan Agama Kristen demi suksesnya kegiatan proses belajar mengajar.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 14 Jan 2021 06:34
Last Modified: 14 Jan 2021 06:34
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item