Malaimo, Gabariel (2018) UPAYA GURU PAK DALAM MEMBINA IMAN REMAJA KRISTEN UMUR 12-15. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (In Press)
Text
Gabariel Malaimo - PAK - 2018.pdf Download (449kB) |
Abstract
Berdasarkan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: upaya yang dilakukan adalah mengajar, membimbing, dan mengarahkan, karena guru PAK sangat berperan penting dalam membina iman remaja Kristen. Dengan demikian, dengan cara mengajarkan pelajaran pendidikan agama Kristen (PAK) adalah “usaha yang dilakukan secara kontinu dalam mengembangkan kemampuan peserta didik agar dengan pertolongan Roh Kudus dapat memahami kasih Allah di dalam Yesus Kristus yang dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkungan hidupnya. Artinya bahwa PAK adalah usaha gereja, artinya pembelajaran PAK adalah tanggung jawab sepenuhnya oleh orang-orang percaya kepada Kristus sebagai pemegang amanat agung Tuhan Yesus Kristus atau perintah Tuhan Yesus (Matius 28:19-20). Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: dengan mengadakan kegiatan-kegiatan atau upaya-upaya guru PAK di atas, bertujuan untuk remaja dapat mengalami pertumbuhan iman dan pengenalan akan Allah yang lebih dalam melalui Yesus Kristus. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusunan skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (murni). Berdasarkan hasil yang diperoleh atau ditemukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Rumusan masalah dengan bab II masa remaja menunjukkan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Tahap transisi remaja ini akan memberikan masa yang lebih panjang untuk mengembangkan berbagai keterampilan serta untuk mempersiapkan masa depan. Masa remaja adalah suatu masa perubahan baik secara fisik maupun psikologis, rumusan masalah tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan bukanlah suatu tugas yang dibebankan sepenuhnya kepada sekolah terlebih khusus kepada guru, melainkan penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dalam hubungan timbal-balik antara orangtua dan guru dengan bab III, dan rumusan masalah guru PAK sangat berperan penting dalam membina iman remaja Kristen, dan mengarah kepada guru PAK sebagai pengajar, dan juga sebagai motivator bagi setiap remaja, dimana guru PAK mampu menilai bukan saja menilai secara skor dan mental, namun yang lebih penting adalah guru PAK dapat menilai secara rohani yaitu perkembangan spiritual yang baik. Dengan bab IV, adapun hipotesis penelitian adalah jika seorang mampu membina remaja dengan baik maka seorang remaja akan mengalami pertumbuhan iman di dalam Yesus Kristus, dan hasil penelitiannya adalah iman remaja semakin meningkat karena adanya usaha guru dalam membina remaja. Berdasarkan penelitian di atas, dalam rangka upaya guru PAK dalam membina iman remaja, merupakan tanggung jawab guru PAK. Pembinaan ini sangat penting ditanamkan pada anak remaja, mulai sejak anak remaja masih anak-anak bahkan masih dalam kandungan. Disinilah letak pentingnya guru PAK terutama orangtua dalam membina iman anak remaja.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, iman, remaja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 06:37 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 06:37 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/139 |
Actions (login required)
View Item |