PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENYADARKAN PESERTA DIDIK TENTANG PENTINGNYA MENGHARGAI HIDUP

Dethan, Dedi Elia Yohanis (2018) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENYADARKAN PESERTA DIDIK TENTANG PENTINGNYA MENGHARGAI HIDUP. [Skripsi] (In Press)

[img] Text
Dedi Elia Yohanis Dethan PAK 2018 OKKK.pdf

Download (576kB)

Abstract

Berdasarkan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan penelitian sebagai berikut: Hidup adalah anugerah semata dari Tuhan, bagi setiap manusia yang bernafas berarti perlu untuk dijaga kekudusannya karena merupakan cerminan dari gambar dan rupa Allah dalam diri setiap pribadi manusia. Dengan demikian manusia perlu untuk menjaga anugerah kehidupan yang diberikan Allah dari segala kejahatan duniawi yang membuat manusia terjerat dosa dan membawanya pada kehancuran akan kemuliaan Allah dalam dirinya. Guru PAK yang juga adalah sebagai seorang pelayan Tuhan dipersiapkan dan dibekali akan pengetahuan yang baik untuk dapat memaknai dan melakukan panggilannya yaitu bukan saja sebagai seorang pendidik tetapi juga dapat untuk membangun suatu pemahaman yang baik dalam setiap diri peserta didik dalam Kristus. Sehingga guru PAK perlu untuk melaksanakan tanggung jawabnya dalam membimbing peserta didik untuk dapat mencapai tujuan yaitu peserta didik dapat takut akan Tuhan dan menghargai hidup serta peserta didik menjadikan Yesus Kristus sebagai teladan dalam hidup. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebgaai berikut: Guru PAK dapat memahami dengan baik tentang pentingnya menghargai hidup dan menjadi teladan bagi masyarakat terlebih khusus peserta didik dalam melakukannya. Guru PAK dapat untuk melaksanakan tugasnya membimbing peserta didik akan pengenalan Kristus sebagai teladan dalam hidup, membentuk karakter peserta didik dalam Kristus dan membantu untuk merombak karakter peserta didik yang telah hancur karena dosa menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi sesama terutama berkenan di hadapan Allah. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusun skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (murni). Berdasarkan hasil yang diperoleh atau ditemukan dalam penelitian, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: rumusan masalah, BAB I manusia adalah hasil karya buatan Allah sendiri sehingga perlu menghargai karya ciptaan Allah dalam hidupnya, BAB II guru PAK bukan saja sebagai pendidik tetapi juga sebagai hamba Tuhan yang membawa perubahan bagi peserta didik, sehingga peserta didik juga dapat mengerti dan melaksanakan panggilannya, BAB III peranan guru PAK dalam menyadarkan peserta didik melalui diri guru itu sendiri sehingga dapat menjadi contoh perubahan untuk peserta didik, BAB IV guru PAK menjadi seorang guru yang profesional yang bertanggung jawab dalam tugasnya yang dapat memahami dan membentuk karakter dari peseta didik serta contoh dan teladan bagi peserta didik. Adapun hipotesis penelitian adalah guru PAK bersama-sama dengan masyarakat dan orangtua membantu dalam menyadarkan peserta didik dan mempengaruhi peserta didik untuk memaknai hidupnya dengan memilki karakter takut akan Tuhan dan menjadikan peserta didik lebih menghargai akan hidupnya. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang direkomendasikan adalah: pertama, dengan segala keterbatasan penulis mengharapkan banyak kritikan, saran dan pendapat dari setiap pembaca untuk memperbaiki apa yang menjadi kekurangan dalam penulisan skripsi ini. Kedua, semoga skripsi ini dapat memberikan sumbangsi bagi guru PAK dalam menambah pemahaman tentang pentingnya menghargai hidup. Ketiga, kiranya skripsi ini dapat berguna bagi setiap pembaca terlebih bagi peserta didik dalam membentuk karakter dan menghargai hidup dari pengaruh dunia yang dapat menyesatkan.

Item Type: Skripsi
Uncontrolled Keywords: peran, guru, menyadarkan, menghargai, hidup
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:21
Last Modified: 19 Aug 2020 07:21
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item