PERANAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM PERTUMBUHAN IMAN ANAK PONDOK DOMBA PI RAWA INDAH JAKARTA

Laia, Aldon (2018) PERANAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM PERTUMBUHAN IMAN ANAK PONDOK DOMBA PI RAWA INDAH JAKARTA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]] (Submitted)

[img] Text
Aldon Laia fix OKKKK.pdf

Download (714kB)
Official URL: http://sttsetia.ac.id

Abstract

Masalah penelitian anak mulai malas beribadah serta kurangnya niat mereka untuk beribadah kepada Tuhan. Ketika guru menjemput anak sekolah minggu untuk beribadah yang mereka tanyakan apakah ada jajan yang dibawa, serta motivasi hanya karena hadiah. Mereka kurang semangat untuk datang ke sekolah minggu, juga mereka lebih mementingkan bermain dan menonon TV dari pada datang ke sekolah minggu. Tujuan penelitian yaitu guru sekolah minggu memiliki peranan sebagai guru sekolah minggu dalam pertumbuhan iman anak, dengan melakukan kreativitas dalam meningkatkan kerohanian anak, mengajar pengenalan akan Yesus Kristus terhadap anak sekolah minggu, memimpin anak kepada Kristus. Sebagai seorang Pembina rohani anak maka, guru juga memiliki keteladanan rohani yakni guru memiliki hubungan dengan Tuhan, serta guru lahir baru. Metode penelitian, diharapkan agar mendapatkan gambaran yang benar tentang persepsi guru sekolah minggu tentang peranannya dalam petumbuhan iman anak. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode angket, karena dengan angket memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang benar dengan melibatkan narasumber yaitu anak sekolah minggu. Metode dokumentasi ini diharapkan agar mendapatkan gambaran yang benar tentang perspektif guru sekolah minggu tentang peranannya dalam pertumbuhan iman anak. Hipotesis penelitian, jika guru sekolah minggu mengajar dan membina anak, maka iman anak sekolah minggu di Pondok Domba bisa bertumbuh dengan baik dan benar. Hasil penelitian, dengan jawabab responden semuanya dapat disimpulkan bahwa guru belum maksimal melakukan peranannya sebagai guru sekolah minggu sehingga anak belum bertumbuh secara baik dan benar dengan hal ini hendaklah seorang guru melayani lebih baik lagi dengan berbagai cara supaya anak dapat bertumbuh di dalam Tuhan. Kesimpulan, guru sekolah minggu ialah “panggilan Tuhan yang begitu tinggi dan kudus bahkan kedudukannya setara dengan para rasul, para nabi, para penginjil, dan para pendeta, yang telah dipersiapkan dan diperlengkapi Allah untuk melalukan pekerjaan-Nya yaitu secara khusus dalam pembinaan anak. Saran sebagai guru hendaklah menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab membina rohani anak adalah suatu panggilan dan juga meresponnya dengan baik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Divisions: Skripsi > Teologi
Depositing User: LPMI STT SETIA Jakarta
Date Deposited: 18 Jul 2020 13:11
Last Modified: 18 Jul 2020 13:11
URI: http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item