Detakiuk, Dino Alexander (2018) UPAYA GURU PAK MEMBINA REMAJA BERMASALAH DI SEKOLAH. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Dino Alexander d. PAK 2018 OKKK.pdf Download (583kB) |
Abstract
Berdasarkan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: upaya guru PAK membina remaja bermasalah di sekolah? Remaja lebih dikenal sebagai masa peralihan dari masa anak-anak ke dewasa, termasuk masa yang rawan karena diperhadapkan kepada banyak pilihan. Selain proses sosial, emosi, mental, bahkan rohani. Masa remaja juga dikenal dengan masa mencari jati diri, masa bertindak dan sering menimbulkan masalah baik itu di sekolah maupun lingkungan masyarakat dan akan mempengaruhi pertumbuhan pendidikan remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: guru PAK menjadi teladan bagi remaja di sekolah, menjadi sahabat bagi remaja, sehingga remaja merasa bahwa guru PAK mempedulikannya dan remaja dapat menyelesaikan persoalan yang dialaminya. Jika guru PAK dapat membimbing, mengarahkan dan membina remaja di sekolah maka remaja akan menjadi anak yang baik mempunyai masa depan yang cerah dan terhindar dari pergaulan masa kini, itulah tanggung jawab guru PAK di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusun skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (murni) di mana sumber-sumber buku yang diambil dapat dipercaya dan dapat dipakai oleh guru PAK untuk menjadi acuan dalam membina remaja di sekolah. Keberhasilan membina remaja tergantung sejauh mana guru PAK membimbingnya. Guru PAK menyadari bahwa mengutamakan remaja di sekolah lebih penting dari pada hanya sekedar mengajar begitu saja tanpa mempedulikannya. Remaja di sekolah membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang lebih dari guru PAK, bukan hanya ilmu yang diberikan kepada remaja tetapi kasih sayang dan perhatian itulah yang dibutuhkan oleh remaja. Guru PAK akan mampu membina remaja apabila ia benar-benar memahami dirinya sebagai pendidik merupakan panggilan Tuhan yang perlu dilaksanakan dengan segenap hati dan penuh kerendahan hati. Adapun hipotesis penelitian adalah jika guru PAK dapat membina remaja, maka remaja dapat memiliki kepribadian yang baik, di mana pun remaja itu berada baik di sekolah, masyarakat maupun di rumah sudah pasti remaja tersebut tidak akan dipengaruhi dengan pergaulan masa kini. Dan hasil penelitiannya adalah benar jika guru PAK dapat membimbing, mengarahkan dan membina remaja di sekolah maka remaja akan menjadi anak yang baik di sekolah, di rumah, di lingkungan masyarakat. Remaja mempunyai masa depan yang cerah dan terhindar dari pergaulan masa kini. Saran yang direkomendasikan adalah guru PAK dapat menjadi teladan bagi remaja, guru PAK menjadi sahabat bagi remaja, guru PAK dapat meluangkan waktu bagi remaja, guru PAK dapat membina remaja, guru PAK melakukan seminar tentang kenakalan remaja, agar dalam keseharian remaja di sekolah ia dapat menjadi anak yang baik, remaja tidak mudah dipengaruhi oleh teman-temannya, sebaliknya remaja dapat hidup damai dan bersahabat satu dengan yang lain.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, remaja, sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Pendidikan Agama Kristen |
Depositing User: | LPMI STT SETIA Jakarta |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 02:41 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 02:41 |
URI: | http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/112 |
Actions (login required)
View Item |